10 Ciri-Ciri Serangan Ransomware dan juga Cara Mengatasinya!

10 Ciri-Ciri Serangan Ransomware serta juga Cara Mengatasinya!

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ransomware adalah jenis malware berbahaya yang dimaksud mengenkripsi file-file penting di dalam komputer atau perangkat Anda, sehingga tidak ada dapat diakses.

Penjahat siber kemudian akan meminta-minta tebusan untuk membuka kunci file-file tersebut. Serangan ransomware dapat menyebabkan kerugian besar bagi individu maupun perusahaan, baik dari segi finansial maupun operasional.

Oleh akibat itu, penting untuk mengenali ciri-ciri ransomware agar Anda dapat mengambil tindakan pencegahan dan juga melindungi diri dari serangan ini.

10 Ciri-Ciri Serangan Ransomware

1. File Tidak Dapat Dibuka: Tanda paling jelas dari serangan ransomware adalah Anda tidaklah dapat membuka file-file Anda. File-file yang dimaksud kemungkinan besar memiliki ekstensi baru yang tersebut tidak ada dikenal atau bukan dapat dibuka dengan acara yang digunakan biasa Anda gunakan.

2. Muncul Pesan Tebusan: Setelah file-file Anda dienkripsi, ransomware biasanya akan menampilkan instruksi tebusan di dalam layar komputer Anda. Pesan ini akan menjelaskan bahwa file-file Anda telah lama dienkripsi serta Anda harus membayar tebusan untuk mendapatkan kunci dekripsi.

3. Perubahan Wallpaper Desktop: Beberapa jenis ransomware juga dapat mengubah wallpaper desktop Anda menjadi gambar atau arahan yang tersebut terkait dengan serangan ransomware.

4. Kemampuan Komputer Menurun: Ransomware dapat menyebabkan kinerja komputer Anda turun secara signifikan. Komputer Anda mungkin saja menjadi lambat, tidaklah responsif, atau bahkan crash.

5. Perubahan Nama File: Ransomware dapat mengubah nama file-file Anda menjadi nama yang dimaksud acak atau bukan berarti.

6. Muncul File Baru dengan Ekstensi Aneh: Ransomware dapat menciptakan file-file baru dalam komputer Anda dengan ekstensi yang mana aneh atau tiada dikenal. File-file ini biasanya berisi instruksi tentang cara membayar tebusan.

7. Antivirus Tidak Berfungsi: Ransomware dapat menonaktifkan atau mengganggu kerja antivirus Anda. Jika antivirus Anda mendadak tidaklah berfungsi, ini mampu menjadi tanda bahwa komputer Anda telah terjadi terinfeksi ransomware.

8. Muncul Peringatan Palsu: Beberapa jenis ransomware dapat menampilkan peringatan keras palsu tentang kesulitan keamanan di area komputer Anda. Peringatan ini bertujuan untuk menakut-nakuti Anda agar membayar tebusan.