3 Manfaat Delima, Buah pada Al Quran Surat Al-Anam Ayat 98

3 Manfaat Delima, Buah pada Al Quran Surat Al-Anam Ayat 98

Infocakrawala.com – JAKARTA — Buah delima sangatlah spesial. Buah berwarna merah ini disebutkan pada Al Quran, tepatnya pada Al-An’am ayat 98.

“Dialah yang tersebut menurunkan air dari langit lalu dengannya Kami menumbuhkan segala macam tumbuhan. Maka, darinya Kami mengeluarkan tumbuhan yang tersebut menghijau. Darinya Kami mengeluarkan butir yang digunakan bertumpuk (banyak). Dari mayang kurma (mengurai) tangkai-tangkai yang dimaksud menjuntai. (Kami menumbuhkan) kebun-kebun anggur. (Kami menumbuhkan pula) zaitun serta delima yang sama juga yang mana tidak ada serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah lalu menjadi masak. Sesungguhnya pada yang digunakan demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang digunakan beriman,” surat ayat Al-An’am ayat 98.

Mengutip WebMD, buah yang dimaksud terasa segar ini merupakan sumber serat. Selain itu, delima juga mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat dan juga gula.

Dengan nutrisi tersebut, berikut ini ada beberapa khasiat delima yang digunakan dapat didapat oleh tubuh.

1. Kesejahteraan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu melindungi jantung Anda dengan berbagai cara, seperti menurunkan tekanan darah juga kadar gula darah. Buah delima memiliki senyawa polifenol yang disebut punicalagins atau ellagitannins. Antioksidan ini membantu mengurangi penebalan dinding arteri kemudian menurunkan penumpukan lipid lalu plak.

Jus delima juga mengandung pigmen tumbuhan yang tersebut disebut anthocyanin dan juga anthoxanthin pada total tinggi yang digunakan membantu kondisi tubuh jantung.

Selain itu, Jus delima dapat membantu menghurangi lipid LDL, atau lipid jahat yang dimaksud menyumbat arteri. Hal ini juga dapat meningkatkan lemak darah HDL, atau lipid baik yang dimaksud menurunkan risiko stroke kemudian serangan jantung.

2. Perbaikan pengendalian diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa penderita penyakit gula tipe 2 yang mana mulai minum jus delima menunjukkan peningkatan tahanan insulin.

3. Menurunkan risiko kanker

Buah delima kaya akan penangkal radikal lalu flavonoid, keduanya membantu menghindari radikal bebas merusak sel Anda.

Dalam beberapa penelitian, buah delima menunjukkan prospek pada membantu mengurangi neoplasma prostat, payudara, paru-paru serta usus besar.

Selain itu, studi praklinis pada hewan menunjukkan bahwa makan buah delima dapat membantu menghambat perkembangan tumor paru-paru, kulit, usus besar dan juga prostat.