5 Fakta tentang Mochammad Afifuddin, Plt Ketua KPU Pengganti Hasyim Asy’ari

5 Fakta tentang Mochammad Afifuddin, Plt Ketua KPU Pengganti Hasyim Asy’ari

Infocakrawala.com – JAKARTA – Lima fakta tentang Mochammad Afifuddin yang ditunjuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) akan diulas di tempat artikel ini. Pejabat berusia 44 tahun ini berpengalaman dalam dunia aktivis serta kepemiluan.

Hasyim Asy’ari dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) akibat terbukti melakukan tindakan asusila pada Rabu (3/7/2024). Sehari setelahnya, KPU mengadakan rapat pleno. Rapat yang mana dihadiri enam komisioner KPU itu memutuskan Mochammad Afifuddin menjadi Plt Ketua KPU.

“Hasil pleno sudah ada memutuskan secara bulat kami bersepakat untuk memberikan mandat untuk Pak Mochammad Afifuddin menjadi Pelaksana tugas Ketua KPU untuk melakukan tugas organisasi,” ujar Komisioner KPU August Mellaz di tempat Kantor KPU, Kamis (4/7/2024).

Afifuddin akan menjabat hingga Ketua KPU dipilih secara definitif. Penunjukan Afif dijalankan pada rangka menjalankan tugas organisasi oleh lembaga KPU.

Afif menjelaskan bahwa penunjukan dirinya merupakan kesepakatan enam Komisioner KPU. “Kita kompak, kita tidaklah ada perbedaan sikap identik sekali,” kata Afif.

Afif juga meyakinkan pelaksanaan pilkada tak akan terganggu seusai terjadi pergantian ketua. Afif mengaku akan melakukan langkah konsolidasi untuk menjamin penyelenggaraan pemilihan gubernur Serentak 2024.

“Kami akan lakukan percepatan langkah-langkah konsolidasi untuk mengantisipasi hal-hal yang mana tidak ada kita inginkan.”

Fakta tentang Mochammad Afifuddin

1. Lahir di tempat Sidoarjo

Mochammad Afifuddin lahir di dalam Sidoarjo, Jawa Timur, pada 1 Februari 1980.

2. Kuliah di tempat UIN juga UI