5 Inisiatif Yoga untuk Meredakan Nyeri Pergelangan Tangan

5 Inisiatif Yoga untuk Meredakan Nyeri Pergelangan Tangan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ada beberapa pergerakan yoga untuk meredakan nyeri pergelangan tangan yang mengganggu. Aksi ini dapat meregangkan juga menguatkan fleksor lalu ekstensor pergelangan tangan, melatih otot tangan lalu pergelangan tangan.

Selain itu, aksi yoga ini juga terbukti mampu meningkatkan fleksibilitas serta mobilitas, meningkatkan sirkulasi, kemudian memiliki target fungsi sendi. Pergerakan ini bisa saja menjadi solusi untuk mereka yang tersebut mengalami nyeri pergelangan tangan akibat mengetik selama berjam-jam.

Mengetik berlebihan juga mempertahankan postur tubuh di jangka waktu lama dapat menciptakan pergelangan tangan nyeri. Beberapa orang bahkan mengembangkan sindrom terowongan karpal, yang berhubungan dengan melakukan tugas berulang dengan tangan, termasuk mengetik.

Berikut adalah pergerakan yoga untuk meredakan nyeri pergelangan tangan dilansir dari Health Shots, Hari Sabtu (29/6/2024).

5 Aksi Yoga untuk Meredakan Nyeri Pergelangan Tangan

1. Tangan Tergenggam Dorong ke Bawah

Lakukan pergerakan ini dengan berdiri atau duduk dengan lutut terbuka lebar. Genggam tangan Anda dengan longgar dalam depan. Tarik napas, dorong tangan yang dimaksud tergenggam ke bawah tanpa membungkuk ke depan. Tahan selama 5 detik, lalu buang napas juga rileks. Ulangi dua kali.

2. Pose Anjing Menghadap ke Bawah

Mulailah dengan kedudukan merangkak untuk melakukan pose anjing menghadap ke bawah. Selipkan jari-jari kaki ke bawah kemudian angkat pinggul ke berhadapan dengan serta ke belakang, sehingga terbentuk bentuk V terbalik. Tarik napas dalam-dalam sambil melatih inti Anda.

3. Rotasi Pergelangan Tangan

Mulailah dengan duduk atau berdiri, tetapi pastikan Anda merasa nyaman. Putar pergelangan tangan Anda dengan pergerakan memutar, mula-mula searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam. Bernapaslah dengan normal sambil melakukan rotasi pergelangan tangan.

4. Pose Pohon Palem

Untuk melakukan pergerakan pohon palem, berdirilah tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul. Angkat lengan Anda ke atas, jaga agar masih sejajar satu sejenis lain. Tarik napas dalam-dalam, kemudian fokus pada keseimbangan Anda pada waktu melakukan pose yoga berdiri yang dimaksud tidak ada hanya sekali meregangkan pergelangan tangan, tetapi juga lengan, kemudian kaki.

5. Pose Wajah Sapi

Untuk melakukan aksi ini, duduk tegak dengan kaki bersilang. Ambil lutut kanan Anda kemudian letakkan di dalam berhadapan dengan paha kiri Anda. Pastikan lutut kiri Anda berada pada bawah paha kanan Anda. Putar badan Anda ke kanan, dan juga bawa lengan kiri ke belakang punggung, dengan lengan kanan meraih tangan kiri. Tarik napas dalam-dalam sambil melakukan pose wajah sapi.