5 Makanan Optimal yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin

5 Makanan Optimal yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ada beberapa makanan sehat yang digunakan bisa saja merusak ginjal apabila dikonsumsi berlebihan atau oleh mereka itu yang tersebut mengidap penyakit ginjal. Makanan sehat sendiri rutin kali diasosiasikan dengan gaya hidup yang tersebut lebih besar baik dan juga tubuh yang tersebut lebih banyak bugar.

Namun, Anda beberapa makanan yang tersebut dianggap sehat ternyata bisa saja merusak ginjal . Makanan sehat memang sebenarnya penting untuk menjaga tubuh tetap memperlihatkan bugar, namun penting juga untuk memperhatikan asupan makanan tertentu yang tersebut dapat berisiko bagi kebugaran ginjal.

Mengontrol porsi serta memvariasikan jenis makanan dapat membantu menghurangi risiko kehancuran ginjal sambil masih menikmati khasiat gizi dari makanan sehat. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau riwayat batu ginjal, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi diet yang mana sesuai dengan kebutuhan.

5 Makanan Optimal yang digunakan Bisa Merusak Ginjal

Berikut daftar makanan sehat yang digunakan dapat merusak ginjal dilansir dari Times of India, Kamis (13/6/2024).

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai superfood yang kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Sayuran hijau ini mengandung banyak kalsium oksalat, yang dimaksud dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Konsumsi bayam secara berlebihan dapat meningkatkan risiko batu ginjal, teristimewa bagi merekan yang digunakan rentan terhadap kondisi ini.

Bagi orang-orang dengan riwayat batu ginjal, disarankan untuk membatasi asupan bayam serta menggantinya dengan sayuran rendah oksalat seperti brokoli atau kubis.

2. Kacang Almond

Kacang almond adalah sumber lemak sehat, protein, serta serat yang digunakan sangat baik. Namun, seperti bayam, kacang almond juga mengandung oksalat di jumlah total yang mana cukup tinggi.

Oksalat yang digunakan berlebihan di tubuh dapat mengendap pada ginjal lalu membentuk batu ginjal. Bagi merekan yang memiliki risiko batu ginjal, konsumsi kacang almond sebaiknya dibatasi lalu diganti dengan jenis kacang lain yang tersebut lebih tinggi rendah oksalat, seperti kacang mete.