Bisnis  

5 Rute Kereta Favorit Saat Libur Panjang Iduladha, 810.579 Tiket Ludes Terjual

5 Rute Kereta Favorit Saat Libur Panjang Iduladha, 810.579 Tiket Ludes Terjual

Infocakrawala.com – JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membukukan pelanggan tiket kereta api (KA) jarak berjauhan untuk periode libur panjang Iduladha 2024 sebesar 810.579. Angka ini setara 87,8% dari total tiket yang mana disediakan, yakni 923.503.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, total tiket yang digunakan terjual merupakan akumulasi keberangkatan pada 13 – 18 Juni. Angkanya pun diperkirakan terus bergerak seiring dengan berlangsungnya masa libur panjang.

“KAI berharap warga yang digunakan telah lama merencanakan bepergian pada periode long weekend libur hari raya Iduladha serta belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui perangkat lunak Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja identik dengan KAI,” ujar Joni, Hari Sabtu (15/6/2024).

Sejauh ini rute favorit publik pada periode long weekend yang dimaksud adalah Ibukota – Surabaya pp, DKI Jakarta – Solo pp, Ibukota – Malang pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Blitar – Bandung pp, lalu relasi lainnya.

Joni menambahkan, ketika periode long weekend terdapat peningkatan tingkat kejadian KA dan juga kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, KAI mengimbau untuk publik untuk waspada ketika akan menyeberangi perlintasan sebidang.

“KAI mengimbau penduduk untuk berhati-hati pada waktu akan melintasi perlintasan sebidang jalan raya dengan jalur kereta api. Pastikan jalur yang dimaksud akan dilalui sudah ada aman, tengok kanan-kiri, juga patuhi rambu-rambu yang tersebut ada,” paparnya.

Di lain sisi, KAI juga kembali mengoperasikan kereta api Mutiara Timur relasi Surabaya Pasar Turi – Ketapang (pp) selama libur panjang Hari Raya Idul Adha.

Joni menyebut, operasional KA Mutiara Timur untuk mengantisipasi tingginya penumpang ketika libur panjang. “Termasuk pelanggan yang digunakan ingin melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali menggunakan kereta api hingga Ketapang, Banyuwangi,” beber dia.

Selama long weekend tersebut, KA Mutiara Timur akan beroperasi dengan rangkaian dua kereta kelas eksekutif serta lima kelas kegiatan ekonomi new generation versi modifikasi. Adapun, total kapasitas tempat duduk mencapai 456.