7 Cara Mengetahui WhatsApp Terkena Hack atau Diakses Orang, Langkahnya Mudah Banget

7 Cara Mengetahui WhatsApp Terkena Hack atau Diakses Orang, Langkahnya Mudah Banget

InfoCakrawala.com – Kita perlu melindungi WhatsApp mengingat aplikasi perpesanan itu memuat data pribadi mengenai riwayat percakapan. Berikut terdapat cara mengetahui WhatsApp terkena hack atau diakses orang.

Sebagai informasi, WhatsApp rentan diakses atau terkena hack apabila kalian pernah menghubungkan WhatsApp mobile ke WhatApp Web di area komputer umum.

Pihak Meta sendiri mengklaim bahwa WhatsApp sudah menyediakan fitur enkripsi dan juga perlindungan khusus sehingga aplikasi bukan mudah terkena serangan hacker atau peretas.

Namun, masih ada kasus mengenai hacker yang mana mampu membobol percakapan WA melalui backup di area media cloud seperti Google Drive serta iCloud.

Selain itu, WhatsApp juga bisa saja disadap apabila terdapat teman atau orang asing yang mana meminjam smartphone, lantas mengakalinya. Berikut 7 cara mengetahui WhatApp terkena hack atau diakses orang:

Ilustrasi Whatsapp (Pexels/Anton)
Ilustrasi Whatsapp (Pexels/Anton)

1. Pesan sudah terbaca. Kalian dapat melihat sebuah pesan baru yang tersebut dikirimkan seseorang ke HP kita. Jika pesan baru sudah dalam kondisi centang biru sebelumnya, maka WA kita kemungkinan sedang disadap.

2. Periksa kontak. Ciri WhatsApp yang digunakan sedang disadap serta diakses orang adalah adanya kontak tak dikenal. Anda dapat membuka kontak juga memeriksa siapa cuma yang belum Anda tambahkan atau belum pernah Anda tambahkan. Jika ada teman baru yang dimaksud bukan Anda tambahkan sendiri, maka ada kemungkinan orang lain mempunyai akses ke akun Whatsapp milikmu.

3. Periksa pesan obrolan. Kalian bisa jadi mengecek pesan obrolan serta melihat apakah ada pesan yang digunakan Anda sendiri tidak ada pernah mengirimkannya. Jika terdapat pesan misterius terkirim ke nomor tertentu, maka WA kalian sedang diretas.

4. Cek profil. Oknum peretas kadang mengganti profil untuk melakukan perbuatan penyalahgunaan seperti permintaan uang. Kalian dapat mengecek profil dengan menekan tombol titik tiga di tempat pojok kanan > Setting > klik gambar profil. Periksa apakah terdapat perubahan pada status dan juga info.

5. Periksa melalui WhatsApp orang lain. Kalian dapat meminjam HP kerabat untuk mengecek apakah WA sedang disadap atau tidak. Pertama, pastikan bahwa WA kalian sedang tidak ada aktif. Anda perlu masuk ke pesan obrolan lalu cek apakah akun kita sedang online atau tidak. Apabila profil WhatsApp kalian terlihat online di dalam HP milik kerabat, maka akunmu kemungkinan besar sedang disadap.

6. Periksa SMS di tempat smartphone. Apabila telah lama mengaktifkan OTP, maka akan ada pemberitahuan apabila WA sedang diakses dalam perangkat lain. Jika menerima SMS berisi kode OTP padahal WA sedang aktif, maka WA kalian sedang dikendalikan dalam jarak jauh.

7. Cek WhatApp Web. Salah satu ciri WhatsApp terkena hack adalah akun WA diakses oleh orang lain melalui WhatsApp Web. Pada menu Chat utama, klik tombol titik tiga pada pojok kanan atas > klik Perangkat Tertaut (WhatsApp Web) > cek Browser yang mana terhubung. Pastikan bahwa Browser atau Chrome yang tersebut terhubung adalah milik kalian. Apabila terdapat lebih lanjut dari satu Browser misterius yang mana tertaut ke akun, maka WA Anda kemungkinan disadap atau terkena hack. Jika mengetahui ada perangkat yang digunakan tertaut bukan milik Anda, kalian sanggup klik serta tahan Browser hal tersebut selama 2 detik > pilih keluar atau log out.

Agar tak mudah diakses orang lain, ada baiknya apabila Anda mengaktifkan Two-Factor Authentication (autentikasi dua faktor). Dengan begitu, siapa pun yang tersebut mencoba login harus memasukkan kode verifikasi. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Buka WhatsApp lalu posisikan pada menu chat utama. Klik ikon tiga titik di area pojok kanan atas. Tekan Setting.
  • Plih menu Account atau Akun
  • Klik Two-Step Verification atau Verifikasi Dua Langkah, lalu Aktifkan
  • Masukkan kode PIN 6 digit, klik Next

Apabila sudah aktif, Anda perlu memasukkan kode PIN hal tersebut untuk mengautentikasi setiap kali Anda membuka WhatsApp. Itulah tadi penjelasan mengenai cara mengetahui WhatsApp terkena hack atau diakses orang, langkahnya mudah sekali bukan?

(Sumber: Suara.com)