7 Ikan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting, Dukung Tumbuh Kembang Anak Optimal

7 Ikan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting, Dukung Tumbuh Kembang Anak Optimal

Infocakrawala.com – JAKARTA Ikan tinggi protein bisa jadi membantu menjaga dari stunting. Salah satu cara efektif untuk menghindari stunting adalah dengan menegaskan anak mendapatkan asupan protein yang digunakan cukup. Protein berperan penting di perkembangan serta perkembangan anak.

Asupan protein yang digunakan cukup sangat penting untuk menghindari stunting lalu mengupayakan berkembang kembang anak secara optimal. Ikan lokal seperti kembung, teri, gabus, patin, lele, bandeng, serta tongkol adalah sumber protein yang tersebut sangat baik lalu terjangkau.

Dengan mengonsumsi ikan-ikan ini secara rutin, anak-anak mampu mendapatkan nutrisi yang mana merekan butuhkan untuk peningkatan kemudian perkembangan yang digunakan sehat. Mengintegrasikan ikan tinggi protein ke pada diet sehari-hari adalah langkah penting di melakukan konfirmasi anak mendapatkan asupan gizi yang digunakan seimbang kemudian menghindari hambatan kebugaran seperti stunting.

Dukungan dari orang tua di menyediakan makanan bergizi sangat berperan di meyakinkan masa depan yang mana sehat bagi anak-anak mereka. Berikut adalah tujuh ikan tinggi protein yang dapat membantu menghindari stunting dilansir dari Medical News Today, Mingguan (9/6/2024).

Ikan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting

1. Ikan Kembung

Ikan kembung kaya akan protein dan juga omega-3 yang dimaksud esensial untuk perkembangan otak juga kondisi tubuh jantung. Konsumsi rutin ikan kembung dapat membantu meningkatkan status gizi anak. Vitamin B12 pada ikan ini penting untuk fungsi saraf dan juga produksi sel darah merah.

Per 100 gram ikan kembung mengandung sekitar 20 gram protein.

2. Ikan Teri

Ikan teri, meskipun kecil, mempunyai zat protein yang sangat tinggi. Selain itu, ikan ini kaya akan kalsium kemudian vitamin yang tersebut penting untuk perkembangan tulang juga kondisi tubuh secara keseluruhan.

Vitamin A juga D pada ikan teri baik untuk kondisi tubuh mata kemudian penyerapan kalsium. Sedangkan isi protein ikan teri sekitar 29 gram per 100 gram.