7 Makanan yang Baik untuk Bidang Kesehatan Otak, Bantu Cegah Pikun

7 Makanan yang Baik untuk Lingkup Kesejahteraan Otak, Bantu Cegah Pikun

Infocakrawala.com – JAKARTA Makanan yang tersebut baik untuk kemampuan fisik otak sanggup membantu mengurangi pikun atau terkena penyakit Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak sehat, karotenoid, vitamin E, serta kolin meningkatkan kemampuan fisik kognitif juga otak juga menunda penuaan otak.

Di sisi lain, para ahli menyarankan untuk membatasi makanan yang tersebut tinggi lemak jenuh, seperti makanan yang dimaksud digoreng lalu daging olahan, dan juga makanan yang tinggi gula. Seperti halnya minuman manis lalu permen untuk menjaga kondisi tubuh otak .

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa asupan gula yang mana lebih lanjut tinggi pada orang dewasa yang tersebut lebih tinggi tua dikaitkan dengan risiko dua kali lipat terkena Alzheimer. Di mana setiap kenaikan 10 persen kalori dari total gula meningkatkan risiko demensia sekitar 40 persen.

Berikut adalah makanan yang baik untuk kondisi tubuh otak dilansir dari Yahoo Life, Hari Jumat (5/7/2024).

Makanan yang mana Baik untuk Bidang Kesehatan Otak

1. Stroberi

Stroberi kaya akan flavonoid , antosianin, serta vitamin C, yang mana semuanya memberikan kegunaan antiradang lalu antioksidan. Dalam sebuah studi observasional 2019, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi stroberi setidaknya seminggu sekali dapat menghurangi risiko Alzheimer hingga 34 persen.

Studi lain pada British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang dewasa sehat berusia antara 60 serta 75 tahun yang mana mengonsumsi dua cangkir stroberi sehari selama 90 hari mengalami peningkatan kemampuan belajar dan juga daya ingat.

Stroberi bisa saja dikonsumsi dengan menambahkannya ke di oatmeal, yogurt, dan juga salad. Selain itu, Anda juga mampu sekadar menikmatinya sebagai camilan manis, beserta konsumsi buah beri lainnya untuk pengamanan yang mana maksimal.

2. Ikan Salmon

Menurut Cleveland Clinic, ikan air dingin merupakan salah satu sumber omega-3 DHA (asam docosahexaenoic) berbasis laut terbaik, yang tersebut dapat membantu menurunkan risiko Alzheimer serta demensia. Satu porsi salmon matang seberat 4 ons menyediakan tambahan dari 1.000 miligram asam lemak omega-3 EPA kemudian DHA.

Jumlah yang disebutkan terpencil melebihi rekomendasi Dietary Guidelines for Americans sebesar 250 miligram asam lemak omega-3 dari makanan laut per hari kemudian rekomendasi American Heart Association sebesar 1.000 miligram per hari untuk kemampuan fisik jantung.

Ikan salmon juga merupakan sumber karotenoid radikal bebas yang mengejutkan, yang tersebut telah dilakukan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer serta kondisi neurodegeneratif lainnya. FDA (Badan Pengawas Jalan keluar lalu Makanan Amerika Serikat) merekomendasikan salmon sebagai salah satu pilihan utama untuk meminimalkan paparan merkuri dari ikan yang mengandung omega-3, vitamin B12, selenium, zat besi, seng, yodium, kolin, juga protein rendah lemak yang tersebut menyehatkan otak.

3. Kacang Kenari

Konsumsi kacang kenari bisa saja bermanfaat untuk menurunkan stres oksidatif, peradangan, serta faktor risiko lain untuk penyakit Alzheimer. Kacang kenari merupakan sumber kacang terbaik untuk asam alfa-linolenat omega-3 (ALA), yang melindungi otak dengan memperbaiki penghalang darah dan juga otak, sesuatu yang mana penting untuk menjaga kemampuan fisik otak.