7 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang digunakan Terinspirasi Kisah Urban Legend

7 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang tersebut digunakan Terinspirasi Kisah Urban Legend

Infocakrawala.com – JAKARTA – Indonesia miliki beragam kisah urban legend yang tersebut menyeramkan lalu banyak kali diangkat menjadi film horor. Kisah-kisah ini kerap mengandung unsur mistis kemudian horor yang dimaksud mampu menciptakan bulu kuduk merinding.

Film horor Indonesia yang digunakan terinspirasi dari kisah urban legend berhasil menarik perhatian berbagai penonton dikarenakan selain menakutkan, juga menyajikan kekayaan budaya lokal. Cerita-cerita ini biasanya diwariskan secara turun-temurun juga menjadi bagian tak terpisahkan dari keberadaan sehari-hari masyarakat. Tidak heran jikalau sejumlah sineas Tanah Air yang digunakan tertarik mengangkat cerita yang disebutkan ke layar lebar.

Berikut 7 rekomendasi film horor Indonesia yang diadaptasi dari cerita-cerita urban legend.

Film Horor Indonesia Terinspirasi Kisah Urban Legend

1. Paku Tanah Jawa (2024)

Film Paku Tanah Jawa resmi tayang pada bioskop Indonesia pada 6 Juni 2024. Film ini mengangkat cerita yang berasal dari urban legend terkenal dalam Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengh.

Film ini merupakan hasil kerja mirip produksi antara Indonesia-Malaysia yang digunakan disutradarai oleh Bambang Drias juga Dato KK Chua. Film ini siap menyebabkan penonton merasakan ketegangan di dalam setiap adegannya.

Paku Tanah Jawa menampilkan sederet aktor juga aktris ternama seperti Masayu Anastasia sebagai Handini ibu Ningrum, Gisellma Firmansyah sebagai Ningrum, Wafda Saifan sebagai Jalu, Wanda Hamidah sebagai Dayu, Ismi Melinda sebagai Ajeng, Pritt Timothy sebagai Kyai, serta Badriah Afif sebagai Santi.

Film Paku Tanah Jawa mengisahkan perjalanan hidup Ningrum yang dimaksud diperankan oleh Gisellma Firmansyah. Ningrum merupakan gadis yang tersebut sejak kecil harus menghadapi pandangan miring dari rakyat sekitar. Ibunya, Handini, selalu diisukan mempunyai berbagai pria untuk persyaratan pesugihan, menyebabkan hidup Ningrum penuh dengan prasangka buruk dari warga desa.

Keadaan semakin memburuk ketika seseorang teman dekat Handini meninggal dunia, menambah tekanan dan juga kecurigaan dari rakyat terhadap keluarga Ningrum. Ketegangan memuncak pada waktu Ningrum mengetahui bahwa Jalu, pria yang tersebut diam-diam dicintainya, terjebak menjadi tumbal baru dari praktik pesugihan ibunya.

Ningrum pun harus menghadapi berbagai teror gaib yang tersebut terus menghantui keluarganya. Dalam pencariannya untuk menemukan jawaban, Ningrum mendapatkan petunjuk dan juga memohonkan bantuan manusia Kyai. Sang Kyai memberikan Ningrum tombak sakti bernama Paku Tanah Jawa, senjata yang dimaksud diyakini mampu memusnahkan ilmu hitam yang tersebut mengancam hidup mereka.

2. Sinden Gaib (2024)

Sinden Gaib merupakan film horor yang mana dirilis pada 2024 serta disutradarai oleh Faozan Rizal. Film ini diproduksi oleh Starvision juga Evergreen Pictures dengan bintang utama Sara Fajira, Riza Syah, dan juga Dimas Aditya. Film ini mulai tayang di area bioskop Indonesia pada 22 Februari 2024.

Film ini diangkat dari kisah nyata kemudian terkenal dalam area Watu Kadang, Trenggalek.