8 Penyebab Gagal Ginjal di area Usia Muda, Dehidrasi Perlu Diwaspadai

8 Penyebab Gagal Ginjal di area area Usia Muda, Dehidrasi Perlu Diwaspadai

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ada berbagai penyulut gagal ginjal di area usia muda yang mana perlu diwaspadai. Gagal ginjal merupakan kondisi di tempat mana ginjal tiada lagi mampu menyaring darah dan juga membuang racun dari tubuh dengan efektif.

Gagal ginjal dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia, termasuk anak muda. Meskipun jarang terjadi, gagal ginjal pada usia muda dapat memiliki konsekuensi serius lalu bahkan mengancam jiwa.

Di sisi lain, gagal ginjal pada usia muda merupakan permasalahan penting yang dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan. Penting untuk mengenali faktor risiko ini kemudian mengambil langkah-langkah pencegahan yang digunakan tepat.

Seperti menjaga gaya hidup sehat, mengontrol penyakit kronis, dan juga berkonsultasi dengan profesional medis secara teratur. Berikut adalah delapan penyulut umum gagal ginjal pada usia muda dilansir dari Web MD, hari terakhir pekan (14/6/2024).

8 Penyebab Gagal Ginjal dalam Usia Muda

1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal (glomerulonefritis) adalah peradangan pada glomerulus, yaitu unit penyaringan kecil di tempat ginjal. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit, juga dapat menyebabkan kecacatan permanen pada ginjal jikalau tidak ada diobati dengan tepat.

2. Dehidrasi Berat

Dehidrasi berat terjadi ketika tubuh kehilangan lebih tinggi banyak cairan daripada yang digunakan masuk. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal akut, teristimewa pada anak-anak. Dehidrasi dapat disebabkan oleh diare, muntah, demam tinggi, atau asupan cairan yang digunakan tiada memadai.

3. Syok

Syok adalah kondisi dalam mana tekanan darah turun secara drastis, menyebabkan organ-organ vital, termasuk ginjal, tiada mendapatkan cukup oksigen kemudian darah. Syok dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti kehilangan darah yang mana parah, infeksi parah, atau reaksi alergi yang dimaksud parah.

4. Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan juga antibiotik tertentu, dapat beracun bagi ginjal apabila digunakan pada jangka panjang atau dosis tinggi. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat apa pun, teristimewa apabila Anda miliki riwayat penyakit ginjal.