Ahmad Dhani dan juga Piyu Keberatan Tak Dilibatkan Bahas Izin Event Online, Sandiaga: Kita Tampung Masukannya

Ahmad Dhani kemudian juga Piyu Keberatan Tak Dilibatkan Bahas Izin Event Online, Sandiaga: Kita Tampung Masukannya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Digitalisasi layanan perizinan event telah lama resmi dirilis oleh Presiden Jokowi pada Mulai Pekan (24/6/2024) pekan lalu. Proyek ini bertujuan agar pengurus event dapat lebih tinggi mudah mengurus perizinan event hingga konser yang akan berdampak pada tarif tiket.

Setelah peluncuran itu, dua musisi Ahmad Dhani lalu Piyu Padi mengaku keberatan dengan kegiatan tersebut. Lewat Instagram resmi Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI), @aksibersatu, Piyu mengungkap alasan menolak kegiatan yang disebutkan lantaran tidaklah ada keterlibatan AKSI di proses diskusi.

Menteri Peluang Usaha Pariwisata kemudian Sektor Bisnis Kreatif Sandiaga Uno menanggapi keluhan dua musisi Tanah Air itu. Ia menjelaskan, kegiatan yang dimaksud tetap memperlihatkan menerima masukan dari berbagai pihak lalu masih akan ada penyesuaian lainnya.


“Kita tampung masukannya juga untuk kegiatan yang tersebut sudah ada diperkenalkan Pak Presiden ini, kita akan mengundang semua pihak untuk memberikan masukan. Dan akibat ini masih tahap awal, nanti akan ada penyesuaian-penyesuaian,” kata Sandiaga di tempat Gedung Sapta Pesona, Ibukota Pusat, Hari Senin (1/7/2024).

Sebelumnya, Sandiaga menjelaskan digitalisi perizinan ini dapat memberikan jaminan untuk perizinan venue event sehingga tak dikeluarkan secara mendadak. Dijelaskan untuk perizinan event yang disebutkan diberikan jaminan selama 14 hari untuk acara nasional lalu 21 hari untuk internasional.

Dengan terjaminnya perizinan venue untuk event dan juga konser, Sandiaga menjelaskan, akan mempengaruhi nilai tukar tiket konser yang tersebut bisa jadi diturunkan hingga 20-25 persen. Sandiaga menegaskan, acara yang disebutkan masih menerima saran dari berbagai pihak agar sanggup berjalan lancar serta sesuai harapan.

“Jadi abang kita, Mas Ahmad Dhani dan juga Mas Piyu, we were involved you. Kita akan terima masukannya lalu mitigasi-mitigasi bila ada kekhawatiran,” tandas Sandiaga.