Antisipasi Kecelakaan Akibat Rem Blong, Sopir Bus Harus Tahu Ini!

Antisipasi Kecelakaan Akibat Rem Blong, Sopir Bus Harus Tahu Ini!

Infocakrawala.com – SUBANG Kecelakaan bus pariwisata Trans Putra Fajar menabrak minibus juga tiga kendaraan beroda dua motor sebelum terguling di dalam Jalan Ciater, Kampung Palasari, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat, Hari Sabtu (11/5/2024) di malam hari hingga masih di penyidikan.

Namun apabila diurut kebelakang, Kecelakaan yang mana melibatkan truk serta bus kerap didominasi oleh gagal bekerjanya sistem pengereman atau rem blong. Sistem pengereman yang mana tidaklah bekerja ternyata menurut investigator senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT ) terjadi oleh sebab itu tiga hal.

Adanya proses Brake Fading atau kanvas rem yang digunakan telah lama memudar. Hal itu menyebabkan kanvas rem menjadi licin sempurna. “Koefisien gesek menjadi 0 juga rem tidaklah lagi dapat bekerja,” terangnya.

Berikut tiga penyulut rem truk blong seperti dilansir dari Carscoops

1. Tekor Angin

Truk memang benar dilengkapi dengan sistem pengereman yang digunakan terdiri dari hidraulik, AOH (air over hydraulic) dan juga full air brake. Dalam kondisi tekor angin ini adalah kurangnya tekanan udara pada sistem rem Air Over Hydraulic (AOH) serta full air brake sehingga mengalami masalah.

Sistem ini menganut kopling pneumatic sehingga pengoperasian pedal kopling serta pedal rem dibantu tekanan udara.

Misalnya bila sistem tekanan udara pada truk adalah tujuh bar, sehingga bila tekanan udara dalam bawah tujuh bar, pengemudi tidak ada akan bisa jadi mengoperasikan pedal kopling serta pedal rem.

2. Vapour Lock

Kondisi ini adalah ketika terjadi penguapan pada fluida sistem rem hidraulik. Hal ini kerap terjadi pada truk yang digunakan mengandalkan fluida rem. Air nantinya akan terserap ke di sistem rem hidraulik lantaran sifat fluida rem yang higroskopis.

Fluida rem mempunyai titik didih 250 derajat celcius tergantung DOT-nya. Ketika ada komposisi air sedikit saja, katakanlah 3%, titik didih fluida rem turun 50 derajat celsius. Saat fluida rem menjadi panas dikarenakan pengereman terus menerus, komposisi air tadi menguap lalu menjadi gelembung udara di sistem rem. Angin palsu inilah yang tersebut dapat menimbulkan rem blong.

3. Breake Fade

Penyebab rem blong pada truk yang tersebut terakhir ini terjadi dikarenakan kampas rem mengalami panas berlebihan sehingga ketika menempel ke tromol atau menjepit cakram, yang tersebut terjadi adalah koefisien gesek nol seperti kaca.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan rem mesin (engine brake) atau rem tambahan (pada bus dan juga truk) seperti rem gas buang lalu retarder dan juga menghindari pemakaian sistem secara terus menerus.