Apa Itu Strok Haba? Penyakit yang Kerap Menyerang Jamaah Haji 2024

Apa Itu Strok Haba? Penyakit yang mana Kerap Menyerang Jamaah Haji 2024

Infocakrawala.com – JAKARTA – Strok haba atau strok matahari merupakan salah satu penyakit yang mana kerap menimpa jamaah haji ketika sedang berada pada Tanah Suci. Penyakit ini perlu dikenali supaya mengetahui tindakan pencegahan apa yang dimaksud perlu dilakukan.

Menurut laman Kementerian Agama, suhu di area Tanah Suci akhir-akhir ini bisa saja mencapai 40 derajat celcius. Karena itulah para jamaah haji diimbau untuk menyesuaikan diri supaya terhindar dari strok haba.

Sebenarnya strok haba ini bukanlah penyakit yang digunakan cukup fatal, namun jikalau bukan ditangani dengan baik bisa jadi menjadi kesulitan serius.

Pengertian Strok Haba

Strok haba adalah sejenis penyakit yang tersebut memproduksi suhu badan menjadi sangat tinggi, bahkan hingga lebih banyak dari 40.0 derajat celcius. Umumnya penyakit ini dibarengi dengan gejala lain seperti dermis memerah juga sakit kepala.

Penyakit jenis ini terjadi ketika tubuh tak lagi sanggup mengontrol suhu tubuh. Dalam kondisi ini suhu tubuh akan dengan cepat naik, serta tubuh kehilangan kemampuan untuk menurunkan suhunya.

Jika strok haba tak segera mendapatkan penanganan maka dapat menyebabkan cacat permanen hingga kematian. Sebelum strok haba menyerang biasanya seseorang akan mengalami heat exhaustion terlebih dulu.

Berikut ini beberapa tanda seseorang terkena strok haba.

– Kepala terasa sakit.
– Mudah hilang fokus.
– Lidah bengkak.
– Suhu badan tambahan dari 40 derajat celcius.
– Denyut nadi lebih lanjut cepat.
– Tekanan darah rendah.
– Badan lesu dan juga kerap pingsan.
– Kulit kering serta kemerahan.
– Terasa mual.

Cara Mencegah Strok Haba

Umumnya strok haba muncul ketika seseorang tidaklah mampu beradaptasi dengan suhu lingkungan yang terlalu panas. Karena itu perlu dijalankan tindakan pencegahan seperti:

– Banyak minum air putih.
– Membasuh muka dengan air bersih.
– Menggunakan penutup wajah ketika beraktivitas dalam luar ruangan.
– Memakai tabir surya.
– Memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Itulah penjelasan terkait strok haba yang tersebut kerap dialami oleh jamaah haji pada ketika di area Tanah Suci, sekaligus cara pencegahannya.