Apa Penyebab Pneumonia Misterius di dalam China? Wanti-wanti Pandemi Terulang , Kenali Gejalanya

Apa Penyebab Pneumonia Misterius di tempat dalam China? Wanti-wanti Pandemi Terulang , Kenali Gejalanya

InfoCakrawala.com – China kembali diberitakan terkait wabah penyakit misterius, kali ini adalah pneumonia. Dari sini, tentu belaka banyak yang bertanya-tanya tentang penyebab pneumonia misterius di area China.

Tidak mampu dipungkiri bahwa ketakutan atas Covid-19 lalu masih membekas untuk banyak orang. Oleh sebab itu, informasi tentang wabah pneumonia ini cukup memproduksi beberapa orang khawatir.

Apa penyebab pneumonia misterius pada China?

Sejak ramai diberitakan, pemerintah China telah terjadi mengumumkan bahwa penyebab pneumonia misterius yang berbeda kemudian bukan ada sangkut pautnya dengan Covid.

Pemerintah setempat menyebutkan bahwa pneumonia hal tersebut disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae, bukan virus. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh WHO.

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan bahwa saat ini belum ada penanganan khusus untuk pneumonia yang dimaksud bukan terdiagnosis ini. Namun, beliau memang menegaskan bahwa kondisi ini lebih banyak banyak ditemukan pada anak-anak.

Menteri Budi Sadikin juga mengingatkan supaya warga tetap waspada dengan memakai masker lalu kurangi beraktivitas di dalam luar ruangan mengingat infeksi bakteri termasuk mudah menular.

Kenapa disebut misterius?

dr Imran Pambudi selaku Direktur Pencegahan kemudian Pengendalian Penyakit Kemenkes menjelaskan bahwa penyebutan misterius ini dikarenakan belum ditemukan penyebab lain dari kondisi ini.

Sejauh ini, pihak China baru melaporkan ke WHO bahwa virus Mycoplasma pneumoniae memang ditemukan pada 40–60% kasus terlapor, sementara sisanya masih terus dicari.

Gejala pneumonia misterius di dalam China

Saat ini belum diketahui secara pasti apa yang membedakan pneumonia ini dengan pneumonia pada umumnya. Namun, nomor lonjakan kasusnya memang dapat dibilang cukup drastis.

Supaya bisa jadi lebih besar waspada, kenali beberapa gejala dari pneumonia secara umum berikut ini.

  • Batuk kering atau berdahak.
  • Peningkatan detak jantung.
  • Sesak napas, bahkan saat istirahat.
  • Kenaikan suhu tubuh.
  • Mudah berkeringat.
  • Menggigil kedinginan.
  • Hilang nafsu makan.
  • Nyeri pada dada yang tersebut semakin memburuk saat batuk atau bernapas.

Pastikan untuk segera melakukan konfirmasi kondisi Anda jika mengalami berbagai gejala tersebut.

Update pneumonia misterius dalam China

Sebagai langkah preventif, Mi Feng, selaku Juru Bicara Komisi Kesehatan Nasional di area China menyatakan bahwa pihaknya tengah berupaya membuka tambahan banyak klinik untuk demam kemudian vaksinasi.

Tindakan yang dikerjakan setelah tercatat setidaknya 7.000 pasien dalam rawat setiap harinya dengan keluhan serupa pneumonia. Lonjakan kasus ini terjadi bersamaan dengan musim dingin pertama pada China-19 setelah terbebas dari Covid-19.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)