Apakah Imunisasi Lebih dari Satu Vaksin Aman? Hal ini Penerangan dari Kementerian Kesejahteraan

Apakah Imunisasi Lebih dari Satu Vaksin Aman? Hal ini Penerangan dari Kementerian Kemakmuran

Infocakrawala.com – JAKARTA – Viral belum lama ini tindakan hukum meninggalnya manusia bayi laki-laki dalam Sukabumi, Jawa Barat, pasca mendapatkan imunisasi dengan empat jenis vaksin sekaligus. Vaksin yang dimaksud yaitu Bacille Calmette-Guerin (BCG) untuk penyakit tuberkulosis (TB), Difteri-Pertusis-Tetanus-Hepatitis B-Haemophilus Influenzae Type B (DPT-HB-Hib), Polio tetes, juga Rotavirus untuk pencegahan diare.

Hal ini lantas mengakibatkan keresahan di dalam kalangan masyarakat. Banyak yang digunakan jadi bertanya-tanya, apakah pemberian imunisasi secara ganda atau tambahan dari satu vaksin berbahaya dan juga bisa saja mengancam nyawa?

Berikut jawabannya, mengutip keterangan resmi Kementerian Bidang Kesehatan RI, Akhir Pekan (30/6/2024).

Direktur Pengelolaan Imunisasi Prima Yosephine mengatakan, pemberian imunisasi secara ganda atau lebih lanjut dari satu jenis vaksin sudah ada direkomendasikan oleh Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) kemudian Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Imunisasi dengan lebih banyak dari satu jenis antigen vaksin yang dimaksud disuntikkan di sekali kunjungan tak menyebabkan kematian dengan segera pada anak.


“Imunisasi ganda ini aman di satu kali kunjungan,” ujar Prima.

Pemberian vaksin sesuai jadwal imunisasi nasional dijalankan sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesejahteraan Bumi (WHO), baik jadwal imunisasi rutin maupun kejar (catch up).

“Pemberian imunisasi kombinasi (lebih dari satu antigen atau satu jenis vaksin) sebanding aman serta efektifnya dengan imunisasi tunggal,” terang Prima.

Selain aman, imunisasi ganda juga memberikan faedah yang tersebut sangat baik dikarenakan pelayanan imunisasi akan menjadi efisien. Hal ini menimbulkan orang anak akan segera terlindungi dari beberapa penyakit yang dimaksud dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) pada satu kali kunjungan.

“Mendapatkan beberapa vaksin atau kombinasi vaksin pada satu kunjungan penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit sedini mungkin. Hal ini juga memudahkan untuk menyelesaikan dosis yang mana dianjurkan tepat waktu,” sambungnya.

Selain itu, penting ditekankan bahwa menerima suntikan dosis ganda juga tidak ada membebani sistem kekebalan tubuh.