Apakah Makanan Gosong Berdampak Negatif pada Kesehatan?

Infocakrawala.com – JAKARTA – Apakah makanan gosong berdampak buruk pada kesehatan? Umumnya, makanan yang tersebut dibakar dinilai tak baik oleh kebanyakan orang.

Anda mungkin saja pernah mendengar bahwa mengonsumsi makanan yang dimaksud terlalu matang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Risiko yang tersebut paling sejumlah disebutkan terkait dengan memakan makanan gosong adalah menyebabkan kanker. Namun, penelitian tambahan lanjut diperlukan untuk menentukan kebenaran ini. Meski demikian, para ilmuwan yakin jikalau makanan yang tersebut dibakar berdampak buruk dikarenakan alasan lain.

Dikutip stars insider, jikalau Anda mempunyai kebiasaan mengikis bagian gosong dari roti panggang, hal itu kemungkinan besar sebab orang tua Anda mengajarkan Anda untuk melakukan hal yang dimaksud ketika Anda masih kecil.

Memang benar, kita semua mempunyai kebiasaan makan yang dimaksud kita pelajari dari orang tua kita, tetapi beberapa di area antaranya kurang masuk akal sehingga mungkin saja dianggap takhayul.

Kebenaran tentang makanan gosong
Pada 2002, para ilmuwan pada Universitas Stockholm menemukan bahwa ketika kita memanaskan makanan tertentu, termasuk kentang, roti kemudian biskuit, hingga lebih tinggi dari 120°C, zat yang tersebut disebut akrilamida akan terbentuk.

Akrilamida dianggap berbahaya bagi manusia di beberapa hal. Pertama, dan juga para ilmuwan yakin akan hal ini, akrilamida bersifat neurotoksik bagi manusia.

Artinya, mengonsumsi akrilamida dapat berdampak negatif pada sistem saraf, walaupun para ilmuwan tidak ada yakin bagaimana atau mengapa.

Teori
Ada teori bahwa akrilamida dapat menyerang protein struktural pada di sel saraf atau dapat menghambat sistem antiinflamasi yang melindungi sel saraf dari kerusakan.