Balai Pelestarian Kebudayaan Sulawesi Utara kemudian Gorontalo Gelar Kumpul Komunitas Karawo

Balai Pelestarian Kebudayaan Sulawesi Utara kemudian Gorontalo Gelar Kumpul Komunitas Karawo

Infocakrawala.com – JAKARTA – Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XVII Kementerian Pendidikan Kebudayaan Penelitian kemudian Teknologi yang mana meliputi Provinsi Sulawesi Utara kemudian Gorontalo menyelenggarakan Kumpul Komunitas Karawo di area objek wisata Danau Perintis, Kecamatan Suwawa, Wilayah Bone Bolango, Gorontalo, Hari Minggu (30/6/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh oleh 6 komunitas yang dimaksud mewakili desa masing-masing dari Provinsi Gorontalo.

Keenam desa itu adalah Desa Tingkohubu timur dan juga Huntu Utara dari Wilayah Bone Bolango, Desa Dumati serta Tabongo Barat dari Wilayah Gorontalo, Desa Piloliyanga dari Kota Boalemo, juga Desa Leboto dari Wilayah Gorontalo
Utara.

Kumpul Komunitas Karawo ini mengusung tema “Maju Berkarya, Merdeka Berbudaya, Publik Sejahtera”.

Kepala BPK XVII Sri Sugiharta, SS, M.AP menyatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjukkan untuk publik bagaimana proses penyulaman karawo dilakukan, sekaligus mewariskan pengetahuan serta teknologi tradisional karawo terhadap generasi muda. Di akhir acara tampil sebagai pemenang utama Desa Rintisan Lumbung Karawo adalah Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Wilayah Gorontalo.

Sejumlah pengunjung mengapresiasi kegiatan ini, salah satunya Athar Pangulu, warga Bone Bolango. Athar merasa senang meninjau antusiasme pengrajin karawo lalu warga yang hadir pada danau perintis.

“Semoga akan ada lebih besar banyak lagi kegiatan yang tersebut mengangkat budaya Gorontalo, agar Gorontalo semakin forward seiring falsafah hidup orang Gorontalo ‘adat bertumpu pada syariat juga syariat bertumpu pada kitabullah’,” katanya.