Belajar dari Insiden Truk Trailer Menimpa Hyundai Creta hingga Remuk

Belajar dari Insiden Truk Trailer Menimpa Hyundai Creta hingga Remuk

Infocakrawala.com – JAKARTA – Peristiwa mengerikan terjadi pada Jalan Kamal Muara Raya, Penjaringan, Ibukota Utara. Sebuah truk trailer menyebabkan muatan penuh tak kuat menanjak, hingga menimpa sebuah mobil SUV di area belakangnya.

Diketahui, itu adalah Hyundai Creta dengan pelat nomot B 2192 UYG yang digunakan remuk kemudian nyaris rata pada waktu tertimpa kontainer.

Beruntung, pengemudi mobil yang disebutkan selamat, terlihat dari cara komunikasinya yang masih sangat baik.

Peristiwa itu terjadi ketika truk trailer kehilangan tenaga untuk menanjang lalu gagal melakukan pengereman. Truk yang disebutkan akhirnya mundur serta sempat menyerempet Mitsubishi Triton yang digunakan berhasil menghindar, tapi pengemudi Creta tak sempat menghindar hingga akhirnya tertimpa.

Dari insiden yang dimaksud ada pelajaran penting yang digunakan dapat diambil, khususnya ketika berkendara di area belakang truk.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengingatkan agar para pengendara harus terus-menerus menjaga jarak aman ketika berada dalam belakang kendaraan besar.

“Momentum menjadi kuncinya. Mobil jenis apa pun bisa jadi dengan mudah melalui tanjakan apabila momentumnya tepat. Artinya, misal pengemudi memacu kendaraannya 20 meter sebelum tanjakan, telah pasti mampu melewatinya dengan mulus,” kata Sony SINDONews.

Ketika kondisi jalan padat pada waktu menyeberangi tanjakan, Sony menghimbau agar bukan terlalu dekat dengan kendaraan di dalam depan.

Kondisi ini bisa saja berbahaya akibat berisiko kecelakaan akibat mobil mundur lantaran tak kuat menanjak.

“Kalau mampu kasih jarak 20-30 meter, hindari jalan beriringan. Mobil yang dimaksud tenaganya besar juga belum tentu bisa jadi menaklukkan tikungan itu, meskipun sudah ada menggunakan ban M/T atau H/T sekali pun. Intinya pengemudi harus memahami karakter mobil serta bisa saja memanfaatkan momentum,” ungkapnya.

Untuk menyeberangi jalan menanjak, mengatur bukaan gas juga diperlukan untuk mendapatkan tenaga yang mana dibutuhkan. Pengemudi disarankan menghindari terlalu rutin membuka lalu menghentikan gas untuk menghindari tenagamesinmenurun.