Biaya Pajak Motor Listrik Polytron Fox-R? Ini adalah Hitungannya

Biaya Pajak Motor Listrik Polytron Fox-R? Ini adalah adalah Hitungannya

Infocakrawala.com – JAKARTA Biaya pajak Motor Listrik Polytron Fox-R terbilang sangat murah, bahkan sanggup dibilang gratis.

Pemerintah terus mengupayakan pemakaian kendaraan listrik dengan mengeluarkan sebagian kebijakan. Selain subsidi Rp7 juta, motor listrik juga bebas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan juga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Ketetapan ini dituangkan pada Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, serta Pajak Alat Berat Tahun 2023.

“Pengenaan PKB KBL (kendaraan berbasis listrik) berbasis elemen penyimpan daya untuk orang atau barang ditetapkan sebesar nol persen dari dasar pengenaan PKB. Pengenaan BBNKB KBL berbasis sel untuk orang atau barang ditetapkan sebesar nol persen dari dasar pengenaan BBNKB,” isi Permendagri Nomor 6 Tahun 2023.

Direktur PT Terang Global Internusa (TDI) Stephen Mulyadi menjelaskan pajak tahunan motor listrik semata-mata Rp100 ribuan. Biaya yang dimaksud meliputi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp35.000, biaya administrasi Rp100.000, kemudian biaya TNKB Rp60.000.

”Sehingga, biaya yang tersebut dibayarkan hanya saja sebesar Rp195.000 sesuai dengan yang tertera pada STNK. Sedangkan untuk perpanjangan STNK, biaya yang digunakan dikeluarkan berjauhan lebih banyak murah, akibat telah bukan dikenakan biaya administrasi,” kata Stephen).

Apabila dikurangi biaya administrasi yang dimaksud wajib dibayarkan pada tahun pertama, pajak motor listrik tak sampai Rp100 ribu. Tetapi, pajak motor listrik berbeda-beda tergantung pada besar daya motor penggerak yang dimaksud digunakannya.

Sekadar informasi, perhitungan pajak untuk motor bermesin bensin didasarkan pada centimeter cubic (cc). Sedangkan motor listrik pajak dihitung berdasarkan Watt pada motor penggerak.