Bisnis  

Bisa Krisis, Faisal Basri Ingatkan Prabowo Tak Sembarangan Pilih Menteri Keuangan

Bisa Krisis, Faisal Basri Ingatkan Prabowo Tak Sembarangan Pilih Menteri Keuangan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ekonom Senior Indef Faisal Basri mengungkapkan Indonesia dapat krisis pada era Prabowo apabila presiden terpilih yang dimaksud sembarangan memilih menteri keuangan. Seorang menkeu harus sanggup mengendalikan keuangan negara, apabila tidak ada Indonesia bisa saja krisis.

“Sosok menteri keuangan, fungsinya apa sih? Nge-rem. Dia nge-rem. Kita mau masuk jurang, di-rem gitu. Kalau Menteri Keuangannya tak kuasa nge-rem, loss aja, nah udah. Di tepi jurang krisis kita. Jadi hati-hati,” jelasnya ketika ditemui dalam Jakarta, Kamis (5/7/2024).

Menurut beliau menteri keuangan harus diemban oleh figur yang tersebut mampu mengerem keuangan negara. Ia pun menekankan pentingnya memilih menteri yang dimaksud inklusif lalu netral, alias bukan tidaklah berkepentingan dengan politik.

“Saya rasa Pak Prabowo juga akan mempertimbangkan itu. Artinya beliau bukan akan ambil orang sembarangan. Tidak akan ambil orang partai, saya pikir. Lebih merupakan harapan. Kalau orang partai kan berbagai kepentingan. Harus inklusif ya, tidak kepentingan, bahaya,” tegas Faisal.

Lebih lanjut, Faisal berpendapat sosok menkeu pada waktu ini memiliki peran krusial, sehingga harus diemban oleh orang yang digunakan mampu mengatur pendapatan, mengurus pengeluaran, menyeleksi alokasi anggaran, juga lain sebagainya. Menurut beliau dengan beban seberat itu, siapapun yang akan menjadi Menkeu juga harus siap-siap dibenci oleh banyak orang.

“Itu untuk memastikan. Makanya siap-siap dibenci oleh berbagai orang, banyak teman-temannya sebagai Menteri. Nggak bisa, nggak bisa, potong (anggaran), potong (anggaran),” tutup Faisal.