Bisnis  

Dikepung Sanksi Barat Rusia dengan Iran Makin Mesra, Hal ini Buktinya

Dikepung Sanksi Barat Rusia dengan Iran Makin Mesra, Hal ini Buktinya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Raksasa energi Rusia , Gazprom menyetujui secara resmi kesepakatan strategis dengan Iran untuk memasok gas melalui pipa ke Republik Islam tersebut. Kesepakatan dengan Korporasi Gas Nasional Iran dicapai selama kunjungan delegasi Rusia yang tersebut dipimpin oleh direktur utama Gazprom Aleksey Miller ke Iran, yang mana bertemu dengan Menteri Perminyakan Iran Javad Owji. Penandatanganan dihadiri oleh pejabat sementara Presiden Iran, Mohammad Mokhber.

Baca Juga: Negeri Paman Sam Sebut Korut Akan Kerahkan Tentara ke Ukraina, Bisa Picu Perang Global III

Pada 2022, Novak mengumumkan kesepakatan energi besar-besaran dengan Iran senilai USD40 miliar untuk menukar pasokan minyak juga gas alam. Sejak ketika itu, kedua negara telah lama menyusun rute serta aspek teknis dari kesepakatan tersebut. Rusia melakukan pengiriman unsur bakar pertamanya ke Iran melalui jalur kereta api pada April 2023.

Saat ini, rute darat utama untuk kargo yang tersebut dikirim dari Rusia ke Iran melintasi Azerbaijan. Hal ini adalah bagian dari apa yang mana disebut Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional (INSTC), sebuah sistem transit multi-moda sepanjang 7.200 kilometer yang dimaksud menghubungkan rute kapal, kereta api, serta jalan raya untuk memindahkan kargo antara India, Iran, Azerbaijan, Asia Tengah, Rusia, dan juga seluruh Eropa.

Melansir dari Russian Today, pengerjaan INSTC dimulai pada awal tahun 2000, tetapi pengembangannya lebih besar lanjut telah dilakukan mendapatkan dorongan baru mengingat sanksi Barat yang dimaksud telah lama memaksa Rusia untuk mengalihkan rute perdagangannya ke Asia dan juga Timur Tengah. Beragam kesepakatan yang dimaksud terjadi antar kedua menandai hubungan kuat keduanegara di tempat sedang sanksi Barat.