Planet Bulu Tangkis Berduka menghadapi Kematian Zhang Zhi Jie pada BAJC 2024, Seluruh Atlet Ikuti Minute of Silence

Planet Bulu Tangkis Berduka menghadapi Kematian Zhang Zhi Jie pada BAJC 2024, Seluruh Atlet Ikuti Minute of Silence

Infocakrawala.com – YOGYAKARTA – Seluruh atlet, panitia penyelenggara, dan juga Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) turut berduka berhadapan dengan wafatnya tunggal putra China, Zhang Zhi Jie ketika berkompetisi di tempat Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024.

Para pemain pun melakukan ‘Minute of Silence’ sebelum pertandingan putaran perempatfinal.

Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada Hari Minggu 30 Juni 2024 pukul 23.20 WIB. Sebelumnya, ia sempat jatuh di area berada dalam lapangan dan juga kejang-kejang ketika melakoni laga kontra Negeri Matahari Terbit serta bertemu Kazuma Kawamo di tempat putaran penyisihan Grup D dalam GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Minggu, 30 Juni 2024.

“Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di area lapangan pada waktu pertandingan di malam hari hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan juga meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin,” bunyi pernyataan Badminton Asia serta PBSI, di keterangan pers, Hari Senin (1/7/2024).

Insiden ini memang benar cukup menyita perhatian. Momen mengagetkan dialami Zhang sedang imbang 11-11 dalam gim pertama melawan Kawamo. Saat itu, Zhang bersiap untuk menerima servis dari Kawamo. Namun secara tiba-tiba, pemain selama China itu tergelincir pada lapangan kemudian secara langsung mengalami kejang-kejang.

Satu hari pasca itu, seluruh atlet beserta panitia pelopor menyelenggarakan ‘Minutes of Silence’. Semua atlet terlihat berdiri di area sedang lapangan sebelum pertandingan fase perempatfinal dimulai.

Mereka diminta untuk mendoakan Zhang Zhi Jie yang mana sudah wafat. ‘Minutes of Silence’ ini juga merupakan bentuk belasungkawa yang tersebut di dari seluruh atlet, PBSI, beserta panitia penyelenggara.

“Atas nama Badminton Asia, Persatuan Bulutangkis Indonesia lalu panitia penyelenggara, kami menyampaikan belasungkawa yang tersebut sedalam-dalamnya melawan meninggalnya atlet bulu tangkis China, Zhang Zhi Jie,” tulis keterangan PBSI dikutipkan dari akun instagram resminya (@badminton.ina), Hari Senin (1/7/2024).