Gagasan Ganjar Jadikan Indonesia Pusat Sektor Bisnis Syariah Global Dinilai Realistis

Gagasan Ganjar Jadikan Indonesia Pusat Industri Bisnis Syariah Global Dinilai Realistis

Infocakrawala.com – JAKARTA – Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo meninjau Indonesia miliki prospek besar menjadi pusat kegiatan ekonomi syariah serta bidang halal global. Potensial itu bisa jadi dimanfaatkan untuk menggerakkan sektor sektor ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diaspora Indonesia dalam Iran, Mursyid Al Haq menganggap pandangan Ganjar itu sangat realistis. Untuk mencapainya perlu strategi dari mulai penguatan sektor keuangan syariah melalui peningkatan literasi, digitalisasi, juga dukungan untuk ekspansi lapangan usaha keuangan syariah.

“Selanjutnya optimalisasi lingkungan ekonomi halal nasional dengan standar internasional kemudian melibatkan UMKM pada rantai pasok lapangan usaha halal,” kata Mursyid, Rabu (3/1/2024).


Menurut Mursyid, komitmen Ganjar terhadap perekonomian syariah sudah ada terbukti juga teruji. Ganjar mengupayakan terciptanya sertifikasi halal bagi pengusaha perusahaan kecil selama menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode.

“Pak Ganjar turun dengan segera mewujudkan terciptanya sertifikasi halal bagi 2.144 entrepreneur kecil kemudian menengah. Lewat kegiatan OVOP misalnya, Pak Ganjar juga terjun segera memfasilitasi UMKM kemudian koperasi agar bisa saja mendapatkan sertifikasi halal,” kata salah satu penggagas pemberitahuan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud dalam Iran tersebut.

Sebelumnya, Ganjar menyatakan Indonesia mempunyai peluang yang besar menjadi pusat perekonomian syariah kemudian lapangan usaha halal global. Indonesia, dengan jumlah keseluruhan umat Islam terbanyak dalam dunia, menduduki peringkat pertama di konsumsi makanan halal global. “Potensi ini harus dijadikan potensi untuk menggerakkan sektor ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ganjar.

Capres yang diusung PDIP, PPP, Partai Perindo, serta Partai Hanura itu menawarkan sebagian strategi, mulai dari penguatan sektor keuangan hingga melibatkan UMKM di rantai pasok bidang halal. Ganjar berjanji menggalang UMKM dengan memudahkan sertifikasi halal bagi entrepreneur kecil.

(Sumber: SindoNews)