Hasil AFF U-16 2024: Singapura Tekuk Filipina 4-0

Hasil AFF U-16 2024: Singapura Tekuk Filipina 4-0

Infocakrawala.com – SOLO – Tim nasional (Timnas) Singapura berhasil meraih kemenangan 4-0 berhadapan dengan Filipina di dalam laga ketiga Grup A Piala AFF U-16 2024 . Pertarungan yang dimaksud berlangsung di tempat Stadion Maladi Sriwedari, Surakarta, Solo, Jawa Tengah pada Kamis (27/6/2024) di malam hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Filipina segera memberikan ancaman pada menit kedua, tetapi tendangan Balbalin Omitade dari luar kotak penalti masih melambung tinggi diatas gawang Singapura. Usaha Balbalin Omitade untuk membuka keunggulan The Azkal -julukan Timnas Filipina- masih belum berhasil, setelahnya tendangnya dari di kotak penalti usai memanfaatkan tendangan sudut masih mampu diblok kiper Singapura, Noor Aydrin pada menit 14.

Hingga memasuki menit ke-25, Singapura masih kesulitan untuk menembus pertahan Filipina. Meski mendapatkan tekanan, tetapi Singapura berhasil mendapatkan gol pembuka pada menit ke-36 melalui tendangan keras kaki kir Harit Danish dari di kotak penalti.

Filipina mencoba untuk menyamakan keadaan pada menit ke-44, tetapi tendangan Atienza Steen dari luar kotak penalti masih melebar ke sisi kiri. Sedangkan pada menit ke-46, Muhammad Helmi gagal memaksimalkan usai bola sentuhnya masih dapat diblok kiper Filipina, Mateo Veloso.

Babak Kedua

Singapura lalu Filipina tampak kesulitan untuk mengembangkan permainan pada awal fase kedua. Kedua kelompok beberapa kali gagal merancang serangan, sehingga belum ada gol yang tersebut tercipta hingga laga memasuki menit 50.

Sementara pada menit ke-54, Mateo Veloso berhasil menggagalkan potensi salah satu pemain Singapura kemudian menimbulkan gawang Filipina tak kembali kemasukan gol. Mateo Veloso kembali menggagalkan tendangan Muhammad Helmi untuk menjaga gawangnya tak kembali kemasukan pada menit ke-60.

Salah satu pemain Filipina memproduksi kesalahan fatal dan juga harus dibayar mahal, setelahnya Muhammad Helmi dengan tenang menggandakan keunggulan Singapura pada menit ke-65. Sementara pada menit ke-67, Filipina harus bermain dengan 10 pemain usai Sambalod Fabela melakukan pelanggaran serta mendapatkan kartu warna kekuningan kedua.

Sementara pada menit ke-82, Rae Peh berhasil menjauhkan keunggulan Singapura menjadi 3-0 usai pergerakan dan juga akurasi tendangannya tak mampu dihentikan para pemain Filipina. Rae Peh kembali mencetak gol keduanya pada menit ke-85, pasca memanfaatkan ruang terbuka yang dimaksud dibuat kelompok lawan untuk dengan mudah menaklukkan Mateo Veloso.

Hingga fase kedua berakhir, Filipina gagal memperkecil kekalahan. Alhasil, Singapura sukses meraih kemenangan 4-0 kemudian meninggalkan sebagai peringkat ketiga di dalam Grup A dengan tiga poin dari laga.

Susunan Pemain Filipina vs Singapura:

Filipina: Mateo Veloso, Comendador Dalman, Poliquit Sarana, Mariona Maniti, Sambalod Fabela, Atienza Steen, Briones Paulino, Pampliega Moleje, Dimapilis Long, Balbalin Omitade, Santos Brizuela.

Pelatih: Angel Tokedano Flores.

Singapura: Noor Aydrin, Uday Ghoshal, Muhammad Luth Harith, Shafrel Ariel, Andy Reefay, Jaden Heng Kai Jian, Emmanuel Eziakor, Ahmad Martin, Dani Qalish, Muhammad Iliya Naufal, Lim Kai Sheun.

Pelatih: Yuki Matsuda.