Bisnis  

IMF Kembali Gelontorkan Miliaran Dolar Utang Buat Ukraina, Terbaru Rp13,8 Billion

IMF Kembali Gelontorkan Miliaran Dolar Utang Buat Ukraina, Terbaru Rp13,8 Billion

Infocakrawala.com – WASHINGTON – Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Kamis (21/3), waktu setempat menyetujui untuk memberikan pinjaman sebesar USD880 jt atau setara Rp13,8 triliun (Kurs Rp15.719 per USD) terhadap Ukraina. Utang IMF ini masuk di tahap ketiga dari paket bantuan senilai USD15,6 miliar yang dimaksud disetujui tahun lalu ketika negeri Ukraina melawan invasi Rusia.

Total kucuran utang yang digunakan telah diberikan IMF untuk negeri Ukraina sejauh ini sudah pernah mencapai USD5,4 miliar. Pemberi pinjaman global itu mengatakan, risiko yang digunakan dihadapi negeri Ukraina tetap saja sangat tinggi, teristimewa ketidakpastian seputar konflik Rusia tanah Ukraina kemudian prospek pembiayaan eksternal.

Meski begitu petinggi IMF untuk misi Ukraina, Gavin Gray mengatakan, untuk wartawan bahwa gelontoran dana yang disebutkan dengan menyakini pertempuran di tempat tanah Ukraina akan segera mereda pada akhir 2024.

Gray menjelaskan, kinerja keseluruhan negeri Ukraina pada acara IMF tetap memperlihatkan kuat selama tahun pertama, lalu sudah pernah memenuhi semua hak kecuali satu yakni kriteria kinerja kuantitatif. Semua itu terkait dengan pendapatan pajak, walaupun diterangkan jumlahnya sangat kecil.

Diungkapkan juga oleh Gary bahwa tanah Ukraina akan menerima dana yang dimaksud pada beberapa hari mendatang. Kesepakatan ini seharusnya menjadi kabar baik, setelahnya Kongres Negeri Paman Sam terus memperdebatkan persetujuan paket bantuan tambahan USD61 miliar untuk Ukraina.

Gray juga mengungkapkan, IMF terus mempelajari dampaknya terhadap tingkat utang negeri Ukraina apabila anggota parlemen Amerika Serikat memutuskan mengubah sebagian dari dana itu menjadi pinjaman, bukanlah hibah.

Sanaa Nadeem, delegasi kepala misi IMF untuk Ukraina, menyatakan IMF telah terjadi menyetujui analisis keberlanjutan utang baru untuk negara Ukraina yang mana tiada secara material mengubah analisis perekonomian makro. Akan tetapi mengecualikan sekitar USD3 miliar utang untuk Eurobonds Rusia yang digunakan telah lama diperebutkan oleh otoritas Ukraina.

Dia mengatakan, terhadap wartawan bahwa kemajuan yang tersebut kredibel sedang dibuat pada restrukturisasi utang komersial negeri Ukraina lalu IMF mengharapkan diskusi teknis yang dimaksud sedang berlangsung mengenai hambatan itu akan meningkat di beberapa minggu mendatang.

“Pihak berwenang memenuhi semua kecuali satu kriteria kinerja kuantitatif – kurang sedikit di pendapatan pajak dikarenakan blokade perbatasan – dan juga keempat tolok ukur struktural siap untuk ditinjau,” kata Gray.

Tim IMF menyatakan negara Ukraina memerlukan USD486 miliar untuk merancang kembali negara itu setelahnya perang.