Bisnis  

Jadikan Borobudur Destinasi Spiritual Dunia, Otoritas Khusus Dibentuk

Jadikan Borobudur Destinasi Spiritual Dunia, Otoritas Khusus Dibentuk

Infocakrawala.com – JAKARTA – otoritas menyiapkan Candi Borobudurdi Magelang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi destinasi spiritual bertaraf global. Untuk itu, pemerintah akan membentuk otoritas khusus yang tersebut akan bertanggung jawab terhadap manajemen kemudian reposisi Candi Borobudur yang dimaksud pada kancah dunia.

Direktur Pemasaran kemudian Inisiatif Peluang Usaha Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, reposisi Borobudur untuk menonjolkan citra Candi yang erat dengan nilai-nilai universal, khususnya tentang kebaikan dan juga filosofi hidup yang tersebut terukir pada relief dan juga arsitekturnya.

“Menteri BUMN Erick Thohir dan juga Wamen Kartika Wirjoatmodjo mengupayakan agar Candi Borobudur tak sebatas cagar budaya, tapi punya soul sebagai destinasi spiritual untuk umat Budha di tempat seluruh dunia,” ujar Maya di tempat Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Langkah menjadikan Borobudur sebagai destinasi spiritual mendapat dukungan banyak kementerian terkait. Maya memastikan, beberapa kementerian akan membentuk satu otoritas khusus untuk melakukan reposisi peninggalan Kerajaan Syailendra ini.

“Dari kolaborasi lima kementerian menjadi satu otoritas manajemen, nanti ada perpres yang dimaksud akan mengundurkan diri dari untuk mampu repositioning Candi Borobudur sebagai destinasi spiritual,” paparnya.

Dia menambahkan, InJourney sendiri akan mengoptimalkan seluruh lini grup pada menata ulang Candi Borobudur. Holding BUMN aviasi lalu pariwisata ini juga mengupayakan pengaktifan rute penerbangan secara langsung dari Thailand, Vietnam, hingga China ke Bandara Internasional Yogyakarta untuk memudahkan umat Buddha datang ke Borobudur.

“Kita menyokong destinasi spiritual juga pastinya pariwisata berkualitas yang dimaksud juga mengedepankan nilai-nilai dari heritage, kultur, maupun spiritual,” ujarnya.

Maya menyampaikan perayaan Waisak 2024 pada 23 Mei 2024 mendatang merupakan peluang besar di menguatkan citra Candi Borobudur sebagai destinasi spiritual kelas dunia. InJourney memiliki target 40.000-50.000 orang akan mendatangi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng), selama perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024.

Candi Borobudur kembali menjadi pusat perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2568 BE/2024. Pada tahun ini, detik-detik Waisak akan jatuh pada 23 Mei 2024 pukul 20.52.42 WIB. Melalui kolaborasi berbagai pihak seperti Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Kementerian Agama, pemerintahan Daerah, kemudian seluruh lapisan unsur masyarakat, beragam rangkaian perayaan Waisak 2568 BE telah dilakukan disiapkan.