Jens Raven Resmi Jadi WNI, Langsung Bela Timnas pada Kualifikasi Piala Planet 2026?

Jens Raven Resmi Jadi WNI, Langsung Bela Timnas pada Kualifikasi Piala Planet 2026?

Infocakrawala.com – JAKARTA – Kabar gembira datang dari dunia sepakbola Tanah Air. Pemain keturunan Indonesia, Jens Raven, telah terjadi resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Kepastian itu diberitahukan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Ibukota lewat akun Instagram @kanwilkumhamdki. Raven diambil sumpah menjadi WNI pada Kamis (27/6/2024).

“Jens Raven resmi telah terjadi diambil sumpah oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya pada Kamis, 27 Juni 2024 di area Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum kemudian HAM DKI Jakarta,” tulis keterangan Kanwilkumham DKI Jakarta.

“Semoga kehadirannya mengakibatkan pembaharuan juga sumbangan positif untuk perkembangan Timnas Sepakbola Indonesia @pssi @timnas.indonesia.”

Raven ketika ini sedang menjalani pemusatan latihan sama-sama Timnas Indonesia U-19 dalam Jakarta. Namanya masuk di daftar pemain yang digunakan dipanggil oleh sang pelatih, Indra Sjafri. Setelah ini, PSSI hanya sekali tinggal mengurus perpindahan federasinya saja. Jika sudah ada rampung, maka striker FC Dordrecht U-21 itu bisa saja membela Tim Merah-Putih pada event Piala AFF U-18 2024 yang dimaksud akan datang berlangsung di dalam Surabaya pada Juli mendatang.

Adapun ihwal kemungkinan penyerang berusia 18 tahun itu akan membela Timnas Indonesia di area round ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia, hingga pada masa kini masih belum ada kejelasan. Yang pasti, Jens Raven segera membagikan unggahan persoalan hasil undian Timnas Indonesia setelahnya resmi jadi WNI. Penyerang bertinggi 189 cm itu pun tak menutupi hasratnya untuk tampil dengan Skuad Garuda di area round tiga Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia.

Jens Raven sejatinya menjalani proses naturalisasi bersatu Calvin Verdonk. Namun, Calvin Verdonk mengambil sumpah terlebih dahulu dikarenakan sudah ada ada di dalam Indonesia pada awal Juni 2024. Sementara Jens Raven baru berada dalam Tanah Air pada akhir Juni. Pasalnya, ia harus membela Timnas Indonesia U-20 yang mana berlaga di area Toulon Cup Prancis.

Di sisi lain, Jens Raven mempunyai potensi besar untuk segera tampil bersatu Timnas Indonesia di dalam bawah kepelatihan Shin Tae-yong. Pasalnya, PSSI hanya sekali butuh merampungkan proses perpindahan federasi Belanda ke Indonesia.

Jika berkaca ke Calvin Verdonk, Jens Raven pun mampu tampil membela Timnas Indonesia di area round tiga Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia. Sebab, Timnas Indonesia baru akan memainkan dua laga Grup C pada November mendatang pada waktu menghadapi Arab Saudi (5/11) kemudian Australia (10/11).