Kakorlantas Polri Hentikan Sementara Tilang Elektronik melalui WhatsApp

Kakorlantas Polri Hentikan Sementara Tilang Elektronik melalui WhatsApp

Infocakrawala.com – JAKARTA – Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan pengiriman surat konfirmasi tilang elektronik menggunakan aplikasi mobile WhatsApp, SMS, hingga email dihentikan sementara. Saat ini, pengiriman melalui aplikasi mobile itu berada dalam dijalankan asesmen serta evaluasi dahulu.

“Kemarin telah dipanggil pasukan dari Polda Metro, telah memaparkan pada kesimpulan untuk aplikasi mobile yang disebutkan sementara dihentikan,” ujarnya, Kamis (9/5/2024).

Menurut Aan, Korlantas sebagai pembina fungsi lalu lintas untuk satuan wilayah berada dalam melakukan asesmen atau evaluasi tentang pelaksanaan pengiriman tilang elektronik melalui program percakapan itu. Setelah itu, pihaknya akan melakukan tes penetrasi menghadapi program yang disebutkan untuk nantinya melakukan konfirmasi apakah layak digunakan atau tidak.

“Saya telah ungkapkan kemarin untuk perangkat lunak yang tersebut akan dilaksanakan di area Polda Metro sebenarnya aplikasi mobile ini baru akan kita laksanakan asesmen,” tuturnya.

Adapun hasilnya, apabila perangkat lunak itu dinyatakan lulus asesmen maka sanggup digunakan secara nasional. Sebaliknya, bila tak lulus akan segera dijalankan perbaikan.

“Nanti hasilnya kalau pasca asesmen, kemudian pen test (penetrasi tes), lulus, ya kita akan angkat menjadi program nasional, ya. Tapi kalau tak lulus assessment, tiada lulus pen tes ini kita akan perbaiki lagi ya. Kita akan pastikan bahwa aplikasi mobile diajukan oleh Polri ini adalah aplikasi mobile yang aman,” ucapnya.

Aan menambahkan, nomor telepon pengirim surat tilang elektronik via program WhatsApp, SMS, hingga email yang digunakan sebelumnya dibagikan oleh Pihak Polda Metro Jaya itu belum mampu digunakan. Surat tilang masih dilaksanakan melalui pengiriman pos. “(Pengiriman surat tilang elektronik) ya masih malalui kurir, ya pos. Artinya masih menggunakan surat konfirmasi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, inisiatif yang disebutkan dirilis Ditlantas Polda Metro Jaya dengan nama Cakra Presisi. Nantinya setiap pelanggar akan dikirimkan notifikasi tilang baik melalui WhatsApp, SMS, dan juga email untuk pelanggar.