Bisnis  

Kemenperin luncurkan layanan sertifikasi profesi bagi pelaku industri

Kemenperin luncurkan layanan sertifikasi profesi bagi pelaku industri
Industri saat ini semakin membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mana hal itu berkualitas juga kompeten

InfoCakrawala.com – Yogyakarta – Balai Besar Standardisasi juga juga Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet lalu Plastik (BBSPJIKKP) Kementerian Perindustrian meluncurkan layanan berbentuk Sertifikasi Profesi, Verifikasi-Validasi, serta juga Inspeksi Lingkungan bagi para pelaku Industri guna menghadapi kebutuhan industri pada era 4.0 yang dimaksud makin spesifik serta beragam.

Kepala BBSPJIKKP Kemenperin Hagung Eko Pawoko pada peluncuran layanan hal hal tersebut di dalam dalam Yogyakarta, Kamis, mengatakan telah lama terjadi memanfaatkan waktu ketika terjadi pandemi COVID-19 untuk berbenah juga meningkatkan perluasan lingkup layanan yang digunakan akan dibutuhkan dalam masa akan datang.

"Industri saat ini semakin membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang itu berkualitas juga juga kompeten. Untuk menjawab kebutuhan ini, lembaga sertifikasi profesi (LSP) memiliki peran yang dimaksud mana sangat penting dalam mengupayakan pertumbuhan industri berbasis kompetensi," katanya.

Dia mengatakan, peran itu diantaranya mengembangkan standar kompetensi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan efisiensi serta efektivitas sesuai standar kompetensi, juga meningkatkan kepercayaan pasar.

"Kemudian menggerakkan inovasi juga juga pengembangan teknologi, meningkatkan daya saing industri, memfasilitasi peningkatan karir, menggalakkan pengakuan profesi serta meningkatkan akuntabilitas industri," katanya.

Dia mengatakan, lembaga sertifikasi profesi siap memberikan layanan Sertifikasi Profesi untuk skema Kluster Pengordinasian Transformasi Industri 4.0, skema Kluster Pengordinasian Proses Produksi Karet Remah, juga skema Sertifikasi Kluster Pengoperasian Mesin Dryer.

Terkait Gas Rumah Kaca, kata dia, salah satu poin pentingnya dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2021 adalah komitmen pemerintah sebagai pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) 29 persen sampai dengan 41 persen pada tahun 2030 dibandingkan dengan Baseline Emisi GRK.

"Kami siap membantu pencapaian target hal itu melalui layanan jasa Lembaga Verifikasi kemudian Validasi (LVV) Gas Rumah Kaca pada sektor manufaktur umum, penanganan juga pemusnahan limbah serta umum, sedangkan.validasi lalu verifikasi proyek untuk sektor industri manufaktur serta sektor penanganan serta pemusnahan limbah," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan serta Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja, maka BBSPJIKKP juga membentuk layanan inspeksi teknis melalui Lembaga Inspeksi Balai Besar Kulit Karet lalu Plastik (LI BBKKP).

"Lembaga Inspeksi adalah lembaga yang digunakan melaksanakan berbagai kegiatan inspeksi berdasarkan SNI ISO/IEC 17020:2012 dengan visi menjadi lembaga inspeksi yang dimaksud digunakan terdepan lalu unggul dalam pelayanan, independen, lalu terpercaya baik dalam area tingkat nasional juga internasional," katanya.

Selain meluncurkan layanan jasa baru, pada kesempatan itu, BBSPJIKKP Kemenperin juga mengadakan kegiatan Diseminasi Layanan Jasa Industri Tahun 2023 untuk memperkenalkan lalu juga menginformasikan layanan jasa baru BBSPJIKKP bagi para calon pengguna jasa atau pelanggan.

(Sumber: AntaraNews)