Kenang Rizal Ramli, JK: Walau Sering Berbeda Pendapat, Tetap Bersahabat

Kenang Rizal Ramli, JK: Walau Sering Berbeda Pendapat, Tetap Bersahabat

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sejumlah tokoh nasional melayat ke kediaman ekonom senior Rizal Ramli di area Jalan Bangka IX, DKI Jakarta Selatan. Salah satu tokoh yang yang disebutkan adalah Wakil Presiden ke-10 kemudian 12 RI, Jusuf Kalla (JK).

Setelah bertemu dengan keluarga almarhum, JK menyampaikan kesan tentang sosok Rizal Ramli. MenurutJK, mereka itu pernah sejumlah berdiskusi tentang pangan.

Hal itu terjadi ketika Rizal Ramli ditunjuk Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk menggantikan JK sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog). “Beliau pernah mengganti saya sebagai Ketua Bulog pada tahun 2000, kita setiap saat berdiskusi tentang pangan,” kata JK.

JK melanjutkan, komunikasi dirinya dengan Rizal kembali intens ketika sama-sama di dalam Pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode pertama.

Pada waktu itu, JK yang digunakan duduk sebagai duta presiden serta Rizal Ramli sebagai Menko Area Kemaritiman. Menurut JK, beliau kemudian Rizal banyak berbeda pendapat.

“Dan juga selama pemerintahan. Walaupun saya banyak berbeda pendapat juga tajam, tapi kita masih bersahabat. Kadang-kadang bertentangan, tapi beliau menerima itu serta saya menerima itu,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Rizal Ramli meninggal dunia pada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), DKI Jakarta pada Selasa (2/1/2024) malam. Jenazahnya akan dimakamkan di dalam TPU Jeruk Purut, Cilandak, Ibukota Indonesia Selatan, Kamis (4/1/2024).

(Sumber: SindoNews)