Kenapa Kopling Mobil Bunyi ketika Dilepas? Hal ini Penyebabnya

Kenapa Kopling Mobil Bunyi ketika Dilepas? Hal ini Penyebabnya

Infocakrawala.com – JAKARTA Kopling bunyi pada waktu dilepas merupakan salah satu pertanda kalau ada gangguan pada sistem transmisi mobil manual. Biasanya bunyi secara langsung muncul ketika kaki perlahan lepas dari pijakan kopling.

Terkadang bunyi yang dimaksud hilang kalau pedal sudah ada tak lagi diinjak. Namun beberapa kejadian ada yang bunyinya tak kunjung usai.

Berikut pemicu kopling mobil bunyi pada waktu dilepas seperti dilansir dari situs resmi ADM:

1. Kampas kopling tipis

Bunyi yang dimaksud pergi dari setelahnya kopling mobil dilepas sanggup disebabkan oleh kampas kopling yang mana sudah ada tipis. Kampas kopling bisa saja tipis akibat usia pemakaian mobil.

Kenapa bunyi itu mampu timbul? Karena ada ketegangan antara flywheel juga plat kopling yang dimaksud kondisi kampasnya menipis. Sejatinya, pertentangan ini pun memunculkan bunyi dan juga terbilang wajar kalau kampasnya tebal sehingga dapat diredam. Lain hal kalau kampasnya tipis, bunyi pertentangan ini bisa saja terdengar sampai kabin mobil.

Bunyi yang dimaksud muncul akibat kampas kopling yang mana tipis ini biasanya terdengar seperti bunyi pertentangan juga tercium bau hangus dari bawah mobil.

2. Pegas kopling sudah ada lemah

Pegas kopling berfungsi untuk menghurangi hentakan juga getaran pada waktu proses putus-sambung tenaga dari mesin ke transmisi. Kalau fungsinya masih bagus, maka proses penyambungan tenaga dari tekanan pegas akan tambahan halus bahkan dapat meredam bunyi.

Lain cerita kalau pegas koplingnya sudah ada lemah. Saat pedal kopling dilepas, maka kopling berpotensi selip dan juga mengakibatkan bunyi meskipun kondisinya kondisi kampas koplingnya masih bagus.