Kepulangan Jenazah Zhang Zhi Jie ke China Tunggu Keputusan Keluarga

Kepulangan Jenazah Zhang Zhi Jie ke China Tunggu Keputusan Keluarga

Infocakrawala.com – YOGYAKARTA – Badminton Asia Junior Championships 2024 resmi berakhir, Hari Minggu (7/7/2024). Turnamen kategori junior level Asia yang telah bergulir sejak 28 Juni lalu ini diselimuti duka melawan meninggalnya pemain China Zhang Zhi Jie.

Zhang meninggal dunia pada Hari Minggu 30 Juni 2024 setelahnya tergelincir dalam laga beregu kontra Negeri Matahari Terbit di dalam Badminton Asia Junior Championships 2024. Ia dinyatakan meninggal di dalam rumah sakit pada pukul 23.20 WIB.

Sepekan pasca kepergiannya, jenazah Zhang hingga pada waktu ini masih ada di dalam Yogyakarta. Badminton Asia, PBSI, kemudian panitia pelaksana telah bekerja dengan maksimal kemudian memberikan pelayanan terbaik.

Keluarga Zhang sebenarnya telah tiba pada Yogyakarta sejak 2 Juli 2024. Dimulai dari kakak hingga ibunda Zhang.

“Kakak Zhang Zhi Jie juga perwakilan CBA tiba pada Yogyakarta tanggal 2 Juli 2024 lalu disusul sang Ibunda pada 4 Juli. Sang Ibunda ditemani pengurus dari Sports Administration Zhejiang College of Sport pada mana Zhang bernaung,” bunyi pernyataan PBSI pada keterangan resminya, Hari Minggu (7/7/2024).

Audiensi telah lama diadakan untuk keluarga dengan seluruh pihak yang terkait pada ketika kejadian, termasuk memberikan seluruh keperluan dan juga beberapa jumlah keterangan yang dibutuhkan oleh keluarga. “Panitia pelaksana pada hari Jumat, 5 Juli 2024 mengatur audiensi terhadap keluarga serta menghadirkan seluruh pihak yang terkait pada ketika kejadian,” tambah pernyataan tersebut.

“Dalam audiensi ini, keluarga lalu CBA bisa saja mendengarkan keterangan dari dokter turnamen, dokter RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito sebagai rumah sakit rujukan kemudian RSUP dr. Sardjito,” lanjut pernyataan tersebut.

“Selain itu, keluarga kemudian CBA juga diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan pertanyaan agar mendapat ilustrasi seutuhnya terkait insiden tersebut,” imbuh pernyataan tersebut.

Audiensi berjalan baik serta panitia pelaksana siap memperkuat penuh terkait surat-surat ataupun dokumen-dokumen pendukung yang mana diperlukan keluarga hingga sampai proses pemulangan jenazah. Akan tetapi, hingga hari ini keluarga masih belum memproduksi tindakan terkait kepulangan jenazah ke China.

“Sampai hari ini, kami masih belum mendapat langkah keluarga Zhang Zhi Jie untuk langkah selanjutnya. Kami berharap di 1-2 hari ini, kami sudah ada mendapatkan langkah mengenai apa yang mana mau dijalankan oleh keluarga terhadap jenazah,” tutup pernyataan tersebut.