Kosovo Larang Pejabatnya Pakai TikTok, Ini adalah Alasannya

Kosovo Larang Pejabatnya Pakai TikTok, Ini adalah adalah Alasannya

Infocakrawala.com – BELGRADE Kosovo pada hari hari terakhir pekan melarang aplikasi mobile TikTok untuk semua institusi pemerintahnya,.

Wakil Menteri Dalam Negeri Bardhyl Dobra menyatakan perangkat lunak yang disebutkan dilarang untuk meningkatkan keamanan siber.

”Kementerian Dalam Negeri merekomendasikan larangan pengunduhan, penggunaan, dan juga pengoperasian perangkat lunak jejaring sosial TikTok kemudian seluruh layanannya pada seluruh jaringan komunikasi elektronik dan juga peralatan teknologi informasi yang mana dimiliki kemudian dikelola oleh lembaga publik,” kata Dobra seperti dilansir dari Anadolu Agency, Mingguan (30/6/2024)

Ia juga menyatakan lembaga pemerintah harus menerapkan pembatasan teknis untuk menghentikan pengoperasian layanan TikTok.
Semua pejabat pemerintah juga bertanggung jawab untuk menghapus aplikasi mobile dari perangkat resmi.

Keputusan ini sejalan dengan undang-undang keamanan siber Kosovo serta diterima dengan pengumuman bulat oleh anggota Kabinet.

Keputusan ini diambil pasca Kosovo berkonsultasi dengan Amerika Serikat dan juga sekutunya. Beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, serta Selandia Baru, sudah memberlakukan pembatasan sama pada TikTok untuk perangkat pemerintah mereka itu lantaran perasaan khawatir keamanan data.

Meskipun larangan ini cuma berlaku untuk institusi pemerintah, ada kegelisahan bahwa hal ini dapat mengupayakan larangan yang digunakan lebih lanjut luas di tempat masa depan.