KPK Lelang Rumah Milik Eks Ketua DPRD Muara Enim, Begini Penampakannya

KPK Lelang Rumah Milik Eks Ketua DPRD Muara Enim, Begini Penampakannya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) melelang aset terkait perkara suap mantan Ketua DPRD Muara Enim , Aries HB. Adapun aset yang dilelang mulai dari tanah seluas 161 meter persegi serta bangunan di area atasnya yang berada di tempat Palembang, Sumatera Selatan.

“Lelang barang rampasan negara dalam bentuk satu bidang tanah seluas 161 m2 serta bangunan dalam atasnya, yang tersebut berlokasi dalam Palembang. Barang rampasan yang dimaksud menghadapi nama Terdakwa Aries HB,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika pada keterangannya, hari terakhir pekan (5/7/2024).

Tessa menjelaskan, lelang akan diadakan melalui open bidding dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara serta Lelang (KPKNL) Palembang. “Dengan batas penawaran sampai dengan 18 Juli 2024,” katanya.

Sebagai informasi, pada perkara ini Pengadilan Negeri (PN) Palembang memvonis 5 tahun penjara terhadap Aries HB setelahnya terbukti menerima suap Rupiah 3 miliar terkait proyek pada Dinas PUPR Muara Enim.

Hal itu tertuang di putusan PN Palembang yang tersebut dilansir dari laman resmi Mahkamah Agung (MA). Kasus ini berawal setelahnya APBD Muara Enim untuk tahun anggaran 2019 disetujui pada pengujung 2018. Ternyata ketok palu DPRD itu tidaklah gratis.

Sejumlah proyek jalan pada Muara Enim dipotong untuk memberikan feedback untuk Aries. Total uang yang digunakan diterima Aries dari proyek itu mencapai Rp3,031 miliar. Pergerakan Aries terendus KPK sehingga ia diproses secara hukum hingga pengadilan.