Lupakan Euforia, Nova Arianto: Fokus Hadapi Semifinal Piala AFF U-16

Lupakan Euforia, Nova Arianto: Fokus Hadapi Semifinal Piala AFF U-16

Infocakrawala.com – Timnas Indonesia U-16 melaju ke semifinal Piala AFF U-16 dengan menasbihkan diri sebagai juara Grup A. Anak asuh Nova Arianto berhasil menyapu bersih seluruh pertandingan dengan tiga kali kemenangan.

Pada pertandingan terakhir melawan Laos U-16 pada Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6) malam, Timnas Indonesia U-16 menang dengan skor meyakinkan 6-1. Adapun gol-gol timnas dicetak oleh Josh Holong Junior (37,61), I Putu Panji Apriawan (45), Muhammad Zahaby Gholy (24), Mochamad Mierza Firjatullah (79) lalu satu gol bunuh diri dari Sayyavath Vandavath (30).

“Saya mengucapkan terima kasih untuk pemain saya yang dimaksud telah berjuang maksimal di area pertandingan hari ini. Sekali lagi saya bukan mengawasi hasil saya setiap saat bersyukur. Kalau secara konsep awalnya kan ke 23 pemain sanggup tampil dalam AFF serta saya bersyukur semua pemain telah bisa jadi tampil,” ujar Nova pasca pertandingan.

Meski tampil hampir sempurna selama tiga pertandingan, Nova mengungkapkan bahwa skuad masih memiliki kekurangan. Ia memohonkan untuk pemain-pemainnya agar lebih tinggi siap untuk pertandingan selanjutnya.

“Dan saya ungkapkan terhadap pemain ini tidak lahir ini menjadi awal kita untuk kedepannya sanggup lebih besar baik lagi kemudian saya minta pemain dapat fokus lagi juga melupakan euforia waktu malam ini sehingga semifinal kami sanggup tampil maksimal,” lanjut dia.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu juga kembali menegaskan bahwa juara bukanlah target yang ingin dicapai. Tetapi progres dari setiap pemain menjadi poin utama.

“Saya ungkapkan pada pemain saya agar fokus ditiap pertandingannya lalu bersyukur kita bisa jadi lolos. Kita lihat siapa yang digunakan akan kita hadapi di tempat semifinal apakah Thailand Australia atau grub b Vietnam atau Myanmar siapapun lawannya kita akan evaluasi DNA lihat lagi apa yang tersebut akan persiapan lawan kami pada semifal nanti,” bebernya.

Disinggung mengenai adaptasi pemain pada strategi, Nova menilai Timnas Indonesia U-16 mampu beradaptasi dengan baik. Para pemain cukup adaptif ketika strategi diubah ketika laga sedang berlangsung tetapi pemahaman taktikal dan juga kekuatan fisik merekan masih harus dilatih.

“Secara taktik pemain saya bisa jadi cepet beradaptasi dengan apa yang digunakan ada dalam di begitu kami pakai. Saya bersyukur pemain dapat menjalankan dengan baik sehingga apapun formasi yang digunakan kami pakai, apabila ada inovasi formasi di area berada dalam pertandingan pemain tak ada hambatan juga saya mengamati menjadi progres pemain pada kita latihan awal mulai TC jadi pemain dapat lebih besar progres hambatan taktikal hambatan fisik semua pemain dapat tampil maksimal,” imbuh Nova.