Manfaat Proyek KRIS BPJS Kesehatan, Wamenkes: Pendapatan Rumah Sakit Bisa Naik

Manfaat Proyek KRIS BPJS Kesehatan, Wamenkes: Pendapatan Rumah Sakit Bisa Naik

Infocakrawala.com – JAKARTA – Penerapan acara KRIS BPJS Bidang Kesehatan dinilai akan memberi dampak positif, tidak belaka pada masyarakat, tapi juga rumah sakit. Hal ini diungkap Wakil Menteri Kesejahteraan Dante Saksono.

Bahkan, Wamenkes Dante menyatakan bahwa inisiatif KRIS sanggup memberi pemasukan rumah sakit menjadi meningkat.

Wamenkes Dante menjelaskan bahwa KRIS BPJS Aspek Kesehatan itu akibat terjadi efisiensi dalam rumah sakit, baik itu dari segi tempat tidur maupun nakes.

“Program KRIS mampu bikin pendapatan rumah sakit naik, dikarenakan dengan 4 tempat tidur di area 1 ruang rawat,” katanya pada Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (6/6/2024).

Ya, kegiatan KRIS BPJS Kesejahteraan memungkinkan belaka tersedia 4 bed per kamar rawat inap. Jadi, bukan ada lagi tuh satu kamar rumah sakit berisi 8-12 tempat tidur pasien.

Selain efisiensi tempat tidur, seperti dijelaskan sebelumnya, akan ada efisiensi sumber daya manusia rumah sakit.

“Rasio antara perawat serta pasien menjadi lebih lanjut optimal, tidaklah dibutuhkan berbagai SDM dalam rumah sakit,” kata Wamenkes Dante. Hal ini berkaitan juga dengan jumlah agregat bed yang dimaksud dikurangi akibat inisiatif KRIS.

Dengan hal-hal yang digunakan demikian, kata Dante, itu dapat menguntungkan rumah sakit. Hal itu pun sesuai dengan kajian yang tersebut dijalankan Kemenkes.

“Ya, kajian kami menunjukan (program KRIS BPJS Kesehatan) justru menghasilkan pemasukan rumah sakit meningkat,” ucap Dante.