Menpora: Permainan Timnas Indonesia seperti Tim Peringkat FIFA 50-60

Menpora: Permainan Timnas Indonesia seperti Tim Peringkat FIFA 50-60

Infocakrawala.com – Menteri Pemuda serta Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku kagum mengamati permainan Timnas Indonesia pada waktu menghadapi Irak pada matchday kelima penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia. Meskipun hasilnya kurang menguntungkan untuk Skuad Garuda, namun permainan anak asuh Shin Tae-yong seperti pasukan peringkat FIFA 50-60.

Pada pertandingan yang mana berlangsung di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024), Indonesia harus puas menelan kekalahan keduanya melawan Irak dengan skor 0-2. Kedua gol itu masing-masing disumbangkan Aymen Hussein (54′) kemudian Ali Jasim (88′).

Kekalahan ini menimbulkan tempat Timnas Indonesia pada ranking FIFA merosot ke urutan 135. Meski meraih hasil yang mana kurang memuaskan, namun Menpora Dito mengaku optimistis Skuad Garuda akan segera lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia.

“Pastinya tadi kita bisa saja mengawasi bagaimana ini kalau saya bilang kualitas permainan kita tuh telah kayak peringkat FIFA 50-60, tapi kalua kata Ketum PSSI Erick Thohir belum (raih hasil maksimal), tapi kalau saya optimis (lolos ke putaran ketiga),” kata Dito.

Pada laga terakhir, Timnas Indonesia wajib menang berhadapan dengan Filipina jikalau ingin melaju ka putaran ketiga. Pertemuan kedua kelompok berlangsung di area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024).

“Semoga nanti ketemu Filipina Insya Allah dapat menang. Walaupun, Filipina persiapannya seperti Indonesia. Saya lihat persiapan dilaksanakan PSSI maksimal,” katanya.

Dito menyatakan Timnas Indonesia akan mendapatkan tambahan tenaga baru pada laga itu. Adalah Calvin Verdonk dipastikan telah bisa saja membela regu asuhan Shin Tae-yong.

“Nanti perdana juga pada Filipina ada Calvin Verdonk. Semoga itu menambah semangat juga tapi kerja sejenis sebagai sebuah tim,” ujarnya.