Mobil Listrik Nyobolt Isi Penuh Daya Baterai semata-mata 5 Menit

Mobil Listrik Nyobolt Isi Penuh Daya Baterai semata-mata 5 Menit

Infocakrawala.com – BEIJING – Sebuah mobil sport elektrik konsep dengan desain eksterior seperti Lotus Elise, mampu dikendarai sejauh 250km cuma dengan menggunakan penyimpan daya 35kWh. Bahkan dengan menggunakan metode fast charging, sel baru ini dapat diisi dengan sistem DCFC sebanyak 4000 kali tanpa masalah.

Seperti dilansir dari Autopro, sebagai catatan, prototipe Nyobolt EV ini diuji pada lingkungan nyata di tempat Millbrook, dengan elemen penyimpan daya 35kWh terisi dari 10% hingga 80% semata-mata pada waktu 4 menit 37 detik.

Bahkan elemen penyimpan daya ini mampu bertahan hingga 600.000 mil (965.000km) sepanjang masa pakainya.

Saat diuji, Nyobolt EV diisi dayanya menggunakan sistem DCFC 350kW lalu dipertahankan arus 500 ampere selama 4 menit sebelum daya listriknya mulai berkurang.

Pengisian daya di 4 menit juga memungkinkan Nyobbolt dikendarai sejauh 193km, dengan ukuran sel yang tersebut mirip dengan yang digunakan digunakan Mini EV.

Sebagai perbandingan, Porsche Taycan Turbo yang mana menggunakan sistem pengkabelan 800 volt serta juga elemen penyimpan daya 97kWh membutuhkan waktu hingga 18 menit untuk mengisi penyimpan daya dari 10% hingga 80%. Pengisian cepat Porsche Taycan memungkinkannya dikendarai sejauh 442km

Nyobolt EV menggunakan desain akumulator baru, menggabungkan karnon lalu anoda yang digunakan dihasilkan dari oksida logam, menciptakan elemen penyimpan daya yang digunakan mempunyai resistansi internal rendah, dipadukan dengan desain komponen elektronik lalu Sistem Manajemen Baterai untuk meminimalkan efek penuaan baterai.

Setelah diisi sebanyak 4000 kali atau mencapai 1 jt kilometer, sel ini akan mengalami penurunan hingga 80% yang merupakan nomor yang tersebut masih dapat dibilang “sehat” untuk sebuah mobil listrik.

Nyobolt EV pun memilih menggunakan sel 35kWh untuk mempertahankan konsep mobil listrik yang digunakan ringan

Dengan bobot hanya sekali 1.250kg, bobot yang disebutkan masih masuk kategori ringan untuk mobil listrik. Meski demikian, Nyobolt mengaku merupakan perusahaan kecil yang tersebut belaka mampu memproduksi 1.000 unit mobil listrik pada setahun.

Prototipe berbasis Elise hanya sekali berbobot 1.250kg serta sel 35kWh mempunyai jangkauan resmi 155 mil. Meski terdengar luar biasa, perusahaan yang disebutkan mengakui bahwa mereka itu semata-mata mampu memproduksi 1.000 unit pada tahun 2025 untuk produksi ukuran rendah.