Nova Arianto Beberkan Penyebab Kegagalan Timnas Indonesia ke Final Piala AFF U-16

Nova Arianto Beberkan Penyebab Kegagalan Timnas Indonesia ke Final Piala AFF U-16

Infocakrawala.com – SOLO – Nova Arianto menjelaskan faktor kegagalan Timnas Indonesia U-16 menembus final Piala AFF U-16 usai dikalahkan Australia 3-5 pada laga semifinal di dalam Stadion Manahan, Mulai Pekan (1/7/2024) waktu malam WIB. Pelatih Garuda Muda menuturkan bahwa kartu merah menjadi biang keladi kekalahan tersebut.

Timnas Indonesia U-16 terpaksa bermain dengan 10 pemain setelahnya Raihan Apriansyah dihadiahi kartu merah pada menit 28. Alhasil, Australia yang mana awalnya tertinggal lebih banyak dulu melalui gol Muhamad Zahaby Gholy (4′) berhasil membalikkan keadaan.

Usai pertandingan Nova mengakui bahwa kartu merah yang mana diterima Raihan menjadi faktor utama kekalahan timnya. Menurutnya, kartu merah itu didapat terlalu awal.

“Kartu merah yang digunakan terlalu cepat. Itu yang menghasilkan berjalannya pertandingan menjadi berbeda. Itu yang dimaksud menyebabkan kami kesulitan pergi dari dari pressing lawan,” katanya.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia Senior mengungkapkan bahwa kegagalan mempertahankan penghargaan juara AFF U-16 adalah pelajaran yang dimaksud berharga jelang keikutsertaan dalam event AFC U-17.

“Ini pelajaran yang dimaksud baik untuk pemain sebab kami siapkan pemain untuk di dalam kualifikasi AFC. Perjalanan mereka itu di dalam AFF ini mampu menjadi pengalaman yang tersebut baik,” ujarnya.

Gelandang Timnas U-16, Daniel Alfrido mengungkapkan bahwa ia cukup puas dengan permainan Timnas U-16. Hanya dengan 10 pemain timnas mampu memberikan perlawanan sengit.

“Pertandingan tadi sangat bagus, sekalipun kita tertinggal banyak. Kita kekurangan orang, kita akan ketemu lagi di area AFC. Kita akan segera maksimalkan lagi,” imbuh Nova.