OVT Artinya Apa? Kata Gaul yang dimaksud Viral pada Media Sosial

OVT Artinya Apa? Kata Gaul yang mana dimaksud Viral pada Media Sosial

InfoCakrawala.com – OVT menjadi kata gaul yang mana sedang merebak di dalam media sosial yang tersebut banyak digunakan saat ini. Namun OVT artinya apa yang sering digunakan di tempat media sosial tersebut? 

OVT adalah singkatan dari overthinking. Dirangkum Suara.com, overthinking adalah berpikir berlebihan, baik tentang hal-hal yang dimaksud telah dilakukan terjadi, yang dimaksud sedang terjadi, maupun yang digunakan akan terjadi.

Orang yang overthinking biasanya akan menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan hal-hal yang digunakan tidak ada penting atau bukan dapat dikendalikannya.

Istilah OVT menjadi popular di area media sosial, terutama di area kalangan generasi muda. Hal ini dikarenakan overthinking merupakan fenomena yang sering dialami oleh generasi muda, terutama dalam masa pandemi COVID-19.

Pandemi COVID-19 sudah menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan, baik secara personal maupun sosial. Hal ini dapat menyebabkan stres juga kecemasan, yang digunakan dapat memicu overthinking.

Berikut adalah beberapa contoh penyelenggaraan istilah OVT dalam kalimat:

Gue lagi OVT banget nih, mikirin masa depan.”
Jangan OVT, fokus aja identik yang ada dalam depan mata.”
OVT itu bukan hal yang tersebut baik, bisa saja mengganggu kesehatan mental.”

Pemicu OVT

Dirangkum Suara.com, ada beberapa pemicu overthinking. Masing-masing orang berbeda-beda pemicu overthinking. Namun, secara umum, beberapa pemicu overthinking yang mana umum terjadi antara lain:

1. Kecemasan

Kecemasan adalah salah satu pemicu overthinking yang tersebut paling umum. Orang yang cemas cenderung memikirkan hal-hal yang digunakan buruk yang digunakan mungkin terjadi di area masa depan.

2. Trauma.

Trauma, seperti pengalaman masa kecil yang mana buruk atau pengalaman traumatis lainnya, juga dapat memicu overthinking.

3. Perfeksionisme.

Orang yang tersebut perfeksionis cenderung mempunyai standar yang tinggi untuk diri sendiri. Hal ini dapat menyebabkan merek overthinking untuk menghindari kegagalan.

4. Kurang percaya diri.

Orang yang digunakan kurang percaya diri cenderung memikirkan hal-hal negatif tentang diri mereka itu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan mereka itu overthinking untuk mencoba memperbaiki diri.

5. Kekhawatiran akan penilaian orang lain.

Orang yang dimaksud khawatir akan penilaian orang lain cenderung memikirkan hal-hal yang digunakan orang lain pikirkan tentang mereka. Hal ini dapat menyebabkan merek overthinking untuk mencoba menyenangkan orang lain.

6. Pengaruh media sosial.

Media sosial dapat memicu overthinking, terutama jika penggunanya terlalu sering melihat hal-hal negatif atau membandingkan diri dengan orang lain.

7. Kurang tidur.

Kurang tidur dapat menyebabkan otak menjadi lebih besar bergerak dan juga rentan terhadap overthinking.

8. Penggunaan alkohol atau obat-obatan.

Alkohol juga obat-obatan dapat mengganggu fungsi otak lalu menyebabkan overthinking.

Tips untuk Mengatasi Overthinking

  • Fokus pada saat ini. Jangan terlalu memikirkan hal-hal yang digunakan telah dilakukan terjadi atau yang mana akan terjadi. Fokuslah pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan saat ini.
  • Lakukan hal-hal yang mana kamu sukai. Melakukan hal-hal yang tersebut kamu sukai dapat membantu kamu untuk rileks lalu melepaskan stres.
  • Berbicaralah dengan orang yang dimaksud kamu percayai. Berbicara dengan orang yang kamu percayai dapat membantu kamu untuk memahami perasaan kamu serta mendapatkan dukungan.
  • Cari bantuan profesional. Jika overthinking kamu sudah mengganggu kehidupan, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

Itulah penjelasan OVT artinya apa yang mana merebak dalam media sosial. Semoga informasi kata gaul ini bermanfaat.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

(Sumber: Suara.com)