Pelaksanaan Haji 2024 Sukses, Menko PMK: Banyak Perbaikan dari Murur sampai Tata Kelola Dam

Pelaksanaan Haji 2024 Sukses, Menko PMK: Banyak Perbaikan dari Murur sampai Tata Kelola Dam

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menteri Koordinator Sektor Pembangunan Manusia juga Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Menurutnya sejumlah terobosan baru yang tersebut diadakan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada operasional haji tahun ini.

Operasional penyelenggaran ibadah haji dimulai sejak 12 Mei 2024 ditandai dengan keberangkatan jemaah haji gelombang pertama dari embarkasi di tempat Tanah Air menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Proses pemberangkatan jemaah ke Arab Saudi berlangsung hingga 10 Juni 2024. Total ada 213.275 jemaah yang dimaksud diberangkatkan ke Tanah Air. Mereka menjalani puncak haji di area Arafah-Muzdalifah-Mina dari 14 – 19 Juni 2024.

Sejak 22 Juni sampai 4 Juli 2024, secara bertahap jemaah Indonesia dipulangkan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Saat ini, proses pemulangan jemaah haji Indonesia difokuskan pada Madinah dan juga akan berlangsung hingga 22 Juli 2024.

“Banyak perbaikan yang mana diadakan pada operasional haji tahun ini. Ada beberapa terobosan, termasuk menekan jumlah keseluruhan yang tersebut bukan dapat berangkat, hanya saja 45 orang. Hal ini sangat besar serta prestasi luar biasa. Sebab, pada tahun lalu jumlah agregat tambahan dari 800 jemaah,” sebut Muhadjir pada waktu mengatur rapat dengan PPIH dalam Kantor Urusan Haji (KUH), Jeddah, Kamis (5/7/2024).

Muhadjir diketahui mendarat pada Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Dari bandara, Menko dengan segera menuju KUH untuk mengadakan rapat dengan PPIH. Menko beserta rombongan akan berada di dalam Arab Saudi hingga 7 Juli 2024.

Pada kesempatan itu, Muhadjir mengapresiasi terobosan Murur yang dimaksud dijalankan PPIH pada operasional haji 1445 H/2024 M. Menko bersyukur kejadian kepadatan kemudian keterlambatan mobilisasi jemaah dari Muzdalifah ke Mina pada musim haji 1444 H/2023 M tiada terulang.

Saat itu, proses pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina berlangsung hingga 13.30 waktu Arab Saudi. Sementara pada tahun ini, pergerakan jemaah dari Muzdalifah ke Mina sudah ada selesai pada 07.37 WAS.

“Tahun lalu isunya Muzdalifah. Tahun ini ada kebijakan murur saya kira bagus. Saya paling risau tindakan hukum Muzdalifah, jangan sampai terulang. Alhamdulillah ada jalan keluar,” sebutnya.