Pengerjaan Stadion Kanjuruhan Malang Molor, Diperkirakan Selesai Desember 2024

Pengerjaan Stadion Kanjuruhan Malang Molor, Diperkirakan Selesai Desember 2024

Infocakrawala.com – MALANG – Proses pembangunan Stadion Kanjuruhan Malang dipastikan molor. Sedianya stadion di dalam Jalan Trunojoyo, Kelurahan Kedungpendaringan, Kecamatan Kepanjen, Daerah Malang, akan segera selesai dalam bulan Agustus atau September 2024 mendatang.

Namun hal ini dipastikan molor usai PT Waskita Karya selaku pihak yang digunakan mengerjakan proyek renovasi stadion menyebut, pengerjaan stadion baru berlangsung mendekati 50 persen, lalu 80 persen untuk pengerjaan strukturnya.

“Saat ini sudah ada mendekati 50 persen tepatnya 48 persen, lingkup pekerjaannya, pekerja struktur kami sudah ada 80 persen selesai, kata Vino Teguh Pramudia, selaku Projects Manajer PT Waskita Karya, pada Rabu (29/5/2024).

Rencananya pihak PT Waskita Karya selaku pelaksana proyek renovasi stadion pada waktu dekat akan melakukan pekerjaan struktur dalam bawah pintu 13, yang mana menjadi lokasi terbanyak pada korban tragedi Kanjuruhan meninggal. Makanya pihaknya memohonkan izin dan juga doa untuk para keluarga korban, untuk kelancaran revitalisasi area di tempat sekitar pintu 13, Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Di kesempatan kan sekalian minta restulah ke perwakilan korban juga, bahwa harus diadakan pekerjaan struktur pada bawah pintu 13. Ke depannya pasti kita kejar kerja arsitek. Terus kemungkinan besar pemasangan bangku, atap,” ucap ia kembali.

Awalnya pengerjaan stadion memang sebenarnya diperkirakan mampu digunakan untuk upacara pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Agustus, tetapi kata Vino pengerjaan proyek akan dimaksimalkan sesuai kontrak pada bulan Desember 2024.

“Target penyelesaian secara kontrak kan Desember ya. Terus upaya percepatan kami laksanakan. Apalagi tadi dari manajemen info kan liga mau dimulai di dalam bulan Agustus. Harapannya nggak berjauhan pada bulan Agustus, kemungkinan besar satu dua bulan setelahnya Agustus ya kita harus bersiap,” jelasnya.

Vino menegaskan, optimistis bila di dalam Desember 2024 mendatang bisa saja selesai walaupun secara pekerjaan pada waktu ini di dalam hitungan 50 persen. Tetapi pada pengerjaan pembangunan dasar stadion disebut telah pada bilangan 80 persen yang membuatnya optimis.

Saat ini dari 80 persen pengerjaan struktur, pekerjaan struktur dasar stadion, tiang lampu untuk penerangan, pengadaan lift untuk kaum disabilitas, lalu item-item lain, seperti pendingin udara atau AC, juga telah dilaksanakan.

“Kami masih optimis sekali ya sebab memang sebenarnya pekerjaan renovasi sekarang ini paling sulit awalnya itu pekerjaan struktur. Karena sekarang pekerjaan struktur sudah ada 80 persen selesai, ke depannya akan mudah. Karena tinggal pasang bangku, atap, kemudian sebagainya,” tukasnya.

Pantauan MPI, pada Rabu ini (29/5/2024) terlihat beberapa orang pekerja berada dalam memperbaiki sisi barat Stadion Kanjuruhan. Tampak sisi barat stadion di area sisi tribun VIP dibongkar sebagian besar, proses pengecoran proses pembuatan juga masih terlihat.