Bisnis  

Penyaluran Bansos Pos Indonesia Dinilai Efektif lalu Memudahkan KPM

Penyaluran Bansos Pos Indonesia Dinilai Efektif lalu Memudahkan KPM

Infocakrawala.com – BANDUNG – PT Pos Indonesia (Persero) sejak beberapa tahun terakhir menjadi mitra Kementerian Sosial ( Kemensos ) di penyaluran beragam bantuan sosial ( bansos ). Kehadiran Pos Indonesia dinilai sangat memudahkan pencairan dana bansos, efektif, tepat waktu, serta tentunya akuntabel.

Penyaluran bansos yang tersebut masih berjalan hingga ketika ini ialah bansos sembako kemudian Inisiatif Keluarga Harapan (PKH). Dalam menyukseskan penyaluran bansos hingga tercapai target 100%, Pos Indonesia berkoordinasi dengan aparat pemerintahan setempat, aparat keamanan, juga yang tak kalah penting ialah koordinasi dengan pendamping Tenaga Keseimbangan Sosial Kecamatan (TKSK).

TKSK ini dibentuk Kemensos dan juga bertugas membantu menyelenggarakan kesejahteraan sosial di dalam tingkat kecamatan. Mereka bertugas menyosialisasikan segala hal terkait penyaluran bansos terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). TKSK membantu menyampaikan undangan pencairan bansos untuk KPM, kemudian juga membantu menjamin bahwa dana bansos jatuh ke tangan yang tepat.

Dalam menjalankan tugas juga fungsinya yang disebutkan TKSK kerap berkoordinasi dengan Kantorpos selaku perpanjangan tangan penyaluran bansos dari Kementerian Sosial. Para pendamping TKSK yang dimaksud menilai penampilan Pos Indonesia memudahkan penyaluran bansos.

“Manfaat layanan Pos Indonesia terhadap rakyat besar sekali. Proses pengambilan bukan lama. Kalau antrean biasa lah itu oleh sebab itu yang digunakan mengambil banyak. Ketika proses pencairan termasuk cepat. Selain itu juga Terlindungi, maksudnya tidaklah dalam tempat terbuka jadi publik nyaman,” kata pendamping TKSK Caly Defiyanto pada siaran pers, Kamis (9/5/2024).

Selama ini, kata Caly, kerja mirip TKSK dengan Kantorpos terjalin baik. Angka KPM yang digunakan diberikan oleh Kantorpos pun sesuai. “Jelang penyaluran bansos biasanya kami mendapat pemberitahuan bahwa akan ada penyaluran. Kantorpos memberikan data-data juga waktu penyaluran,” ujarnya.

Kemudian pada hari H penyaluran bansos, Caly menjelaskan prosesnya efisien juga efektif. “Kecepatan Pos di penyaluran bagus sekali. Komunitas tiada perlu banyak birokrasi. KPM cukup datang ke Kantorpos, registrasi, foto, dengan segera cair dana bansosnya. Dan yang digunakan paling penting dana bansos diterima tanpa ada potongan,” terangnya.

Selain disalurkan melalui Kantorpos, Pos Indonesia miliki metode penyaluran melalui komunitas serta diantarkan segera ke rumah KPM (door to door). “Penyaluran di area komunitas biasanya diadakan di area kantor kelurahan. Pelayanan pencairannya serupa seperti pada Kantorpos, cuma rayonnya belaka yang dipindah ke kelurahan,” tuturnya.

Caly mengaku salut dengan metode penyaluran door to door yang dimaksud dijalankan Pos Indonesia. Layanan pengantaran dana bansos ke rumah KPM ini semata-mata diberikan untuk KPM yang dimaksud sedang sakit, lansia, kemudian disabilitas.

“Layanan door to door ini luar biasa sekali. Ada beberapa KPM yang digunakan tidaklah sanggup datang ke Kantorpos, mungkin saja sebab sakit atau ada keperluan lain. Nah, itu petugas Kantorpos home visit. Saya sangat mengapresiasi,” ucapnya.