Bisnis  

Korporasi China Garap 5 Ladang Minyak kemudian Gas di area Irak

Korporasi China Garap 5 Ladang Minyak kemudian Gas dalam area Irak

Infocakrawala.com – BAGHDAD – Perusahaan- perusahaan China meraih kemenangan lisensi untuk mengeksplorasi lima ladang minyak juga gas di area Irak , khususnya ditujukan agar meningkatkan produksi gas untuk keperluan domestik. Selain itu ada perusahaan Kurdi Irak yang mana kebagian dua dari 29 proyek yang dimaksud diperebutkan.

Semua tawaran eksplorasi minyak kemudian gas (migas) tersebut, termasuk untuk wilayah Irak tengah, selatan kemudian barat, dan juga untuk pertama kalinya mencakup blok lepas pantai pada perairan Teluk Arab negara tersebut.

Irak sendiri pada waktu ini sedang berupaya meningkatkan produksi petrokimia lokal lalu mengakhiri impor gas dari negara tetangga Iran yang mana pada waktu ini merupakan kunci untuk menghasilkan kembali listrik. Lantaran itu, Irak mencoba memikat pembangunan ekonomi miliaran dolar untuk mengembangkan sektor minyak lalu gasnya.

Lebih dari 20 perusahaan pra-kualifikasi mengikuti putaran pertama lisensi, termasuk beberapa grup dari Eropa, China, Arab dan juga Irak. Pada hari Hari Sabtu (12/5/2024) lima tawaran dimenangkan oleh perusahaan China.

Zhongman Petroleum and Natural Gas Group (ZPEC) mengambil perpanjangan utara ladang Baghdad Timur, di dalam Baghdad, serta ladang Eufrat Tengah yang dimaksud melintasi provinsi Najaf juga Karbala selatan, seperti disampaikan kementerian perminyakan Irak.

Selanjutnya, United Energy Group Ltd China meraih kemenangan tawaran untuk mengembangkan ladang Al-Faw pada Basra selatan. Sementara ZhenHua mengamankan lisensi untuk mengembangkan ladang Qurnain Irak di dalam wilayah perbatasan Irak-Saudi kemudian Geo-Jade mengungguli tawaran untuk mengembangkan ladang Zurbatiya Irak di tempat Wasit.

Sedangkan dua ladang minyak juga gas diambil oleh Grup KAR Irak – yang tersebut akan datang menggarap ladang Dimah di tempat provinsi Maysan timur, juga ladang Sasan & Alan pada provinsi Nineveh barat laut Irak – kata kementerian itu.

Sekitar 20 proyek masih terbuka untuk penawaran pada hari Mingguan serta Senin.