Bisnis  

PosIND kemudian Kopnus Luncurkan Inisiatif Digitalisasi Pembayaran Dana Pensiun

PosIND kemudian Kopnus Luncurkan Inisiatif Digitalisasi Pembayaran Dana Pensiun

Infocakrawala.com – JAKARTA – PT Pos Indonesia (PosIND) berkolaborasi dengan Koperasi Nusantara (Kopnus) meluncurkan acara Lindungi Pensiunan dengan Digitalisasi Pembayaran Pensiun. Proyek ini memberikan kesempatan bagi pensiunan untuk mendaftar diri pada Digitalisasi Pembayaran Pensiun.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris mengungkapkan kegiatan ini membantu para pensiunan PT Taspen kemudian PT Asabri. Saat ini PT Pos Indonesia telah lama melayani 341.000 pensiunan Taspen, serta 134.000 pensiunan Asabri.

“Jadi kegiatan ini kita berikan untuk para pensiunan belum terdaftar pada Digitalisasi Pembayaran Pensiun, dan juga pensiunan yang tersebut belum mempunyai pinjaman. Dan para pensiunan yang memilikikredit tiada resmi. Sehingga tujuan kita sebenarnya ingin membantu mereka,” kata Haris pada waktu peluncuran pada Kantor Unit Utama Ibukota Flora, Hari Senin (1/7/2024).

Haris menjelaskan dengan adanya inisiatif ini pensiunan berkesempatan memperoleh pinjaman Rp5 jt dengan tenor enam bulan kemudian bunga 0 persen, hingga usia 80 tahun. “Karena kegiatan ini memberikan prasarana pinjaman sebesar Rp5 jt untuk tenor 6 bulan tanpa bunga. Kita di area support oleh Kopnuspos serta Taspen yang tersebut telah bekerja sama. Tentunya ini sebagai bentuk komitmen Pos Indonesia untuk memberikan layanan yang digunakan terbaik terhadap para pensiunan,” jelasnya.

Haris menyatakan acara ini diperkenalkan untuk membantu para pensiunan serta juga kewajiban untuk melakukan digitalisasi pembayaran. Oleh sebab itu, Pos Indonesia melakukan sinergi dengan Kopnus.

“Karena acara yang kita jalankan ini selama satu bulan. Harapan kita semua bergerak. Sehingga target kita 100.000 pensiunan selama 1 bulan. Jadi kita punya target bulan ini selama 1 sampai 31 Juli nanti kita bisa saja membantu para pensiunan sebanyak 100.000,” jelasnya.

Menurutnya, dengan memperoleh prasarana kredit yang dimaksud secara otomatis para pensiunan juga mengikuti acara digitalisasi pembayaran. Sehingga Pos Indonesia juga memperoleh manfaatdari acara ini.

“Mudah-mudahan dengan acara ini, ini semacam test case saja. Karena ketika ini dari 471 ribu para pensiunan dalam Pos Indonesia, baru sekitar 170 ribu yang digunakan memperoleh prasarana kredit. Harapan kita kalau inisiatif ini sukses, tidak tiada kemungkinan besar nanti kita akan lanjutkan dengan inisiatif berikutnya,” ungkapnya.

Kepala Unit Utama PT Taspen Fitrah menjelaskan bahwa adanya digitalisasi ini akan mempermudah para pensiunan untuk mengambil uang pensiunan bulanannya. Menurutnya, sejak awal pensiunan Taspen memang benar dibayarkan menggunakan layanan Pos Indonesia.

“Kerja sebanding yang mana diadakan dengan Kopnuspos ini sangat bermanfaat bagi para pensiunan, dan juga kami berharap layanan ini akan tambahan ditingkatkan lagi, jangan sampai nanti adanya inisiatif ini justru memunculkan sesuatu yang digunakan baru. Kami berharap acara ini akan mengakibatkan sesuatu solusi yang terbaru kemudian terbaik bagi para pensiunan pada PT Taspen,” katanya.