Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika yang digunakan Berani Mengundurkan Diri dari Kominfo

Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika yang dimaksud digunakan Berani Mengundurkan Diri dari Kominfo

Infocakrawala.com – JAKARTA – Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi kemudian Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan resmi mengundurkan diri. Pusat Angka Nasional yang dibobol kelompok peretas Brain Chiper menjadi alasan utama.

Sebagai informasi, Semuel Abrijani merupakan orang yang digunakan bertanggung jawab di hal teknis penelolaan PDNS. Sehingga, dirinya merasa harus mundur dari jabatannya setelahnya gagal menjalankan tugasnya dengan baik pada mengamankan data nasional.

“Pertama, alasannya secara teknis ini adalah tanggung jawab saya sebagai Dirjen Pengampu di proses perubahan pemerintahan,” kata Semuel Abrijani dalam Kantor Kominfo, Ibukota Indonesia Pusat, Kamis (4/7/2024).

“Secara teknis, saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan juga saya menyatakan harusnya selesai pada saya. Karena ini adalah hambatan yang harus saya tangani dengan baik,” lanjutnya.

Soal data yang tersebut dibobol, Semuel Abrijani menyatakan ketika ini Kominfo, BSSN (Badan Siber dan juga Sandi Negara), juga Cyber Crime dari kepolisian masih terus bekerja memulihkan PDNS 2. Bahkan, kunci yang diberikan secara gratis oleh Brain Chiper bisa jadi dibuka melalui data specimen atau conton yang digunakan dimiliki Kominfo.

“Jadi sekarang masih dilaksanakan pemulihan, juga kemarin teman-teman telah mengetahui ada kunci otomatis, sedang kami coba serta meninjau sanggup atau tidak,” tuturnya.

Semuel menegaskan bahwa dirinya sudah ada tiada miliki akses informasi tambahan di mengenai seberapa jarak jauh pemulihan yang diadakan pihak-pihak terkait. Namun, ia menyampaikan bahwa ketika ini seluruh pihak terus berupaya memulihkan data nasional yang tersebut terkunci.

“Kami juga mendapatkan, juga kita sudah ada mencoba di dalam specimen kita serta berhasil dibuka. Tapi kita belum tahu sebab kan yang mana dikunci banyak. Hal ini sedang dikerjakan oleh temen-temen teknis,” ungkapnya.

Profil Semuel Abrijani Pangerapan

Nama Lengkap: Semuel Abrijani Pangerapan

Tempat Lahir: Makassar

Tanggal Lahir: 1964-12-27