Sandiaga Uno Tegas perihal Turis Luar Negeri Bekerja Ilegal pada Bali: Tidak Ada Toleransi

Sandiaga Uno Tegas perihal Turis Luar Negeri Bekerja Ilegal pada Bali: Tidak Ada Toleransi

Infocakrawala.com – MEDAN – Menteri Peluang Usaha Pariwisata juga Sektor Bisnis Kreatif Sandiaga Solahudin Uno dengan tegas menanggapi maraknya turis asing yang mana bekerja secara ilegal dalam Indonesia.

Para turis itu masuk ke Indonesia dengan visa kunjungan, namun justru bekerja pada Bali maupun menjalani pekerjaan remote kemudian ilegal dari Bali.

Menurut Sandi, eksekutif Indonesia akan tegas terhadap turis asing yang dimaksud bekerja di area Indonesia. eksekutif tak akan memberikan toleransi juga mengancam akan mendeportasi para turis asing yang tersebut terbukti bekerja.

“Kita harus tegas, kita tegakkan aturan. Diberikan sanksi, kalau perlu dideportasi. Sudah kami tangani, tak ada toleransi,” kata Sandi.

Persoalan perilaku turis asing di tempat Bali memang benar kian menjadi perhatian berbagai pihak, termasuk dari Presiden Indonesia kelima yang mana juga Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.

Megawati mengumumkan pariwisata di dalam Bali amburadul lalu bukan terkontrol sehingga mengakibatkan hambatan bagi penduduk lokal. Megawati menggerakkan perlunya alokasi kuota untuk mengatasi turisme dalam Bali.

Hal yang disebutkan disampaikan Megawati pada Rakernas ke-V PDIP, Ancol, DKI Jakarta Utara, Minggu, 26 Mei 2024.

Megawati menyatakan bahwa ketika ini sudah ada ada aduan warga yang tersebut kekurangan air lantaran dampak pengerjaan bagi turis yang tersebut masif.

Megawati cukup khawatir dengan rakyat Bali yang mana justru tak menikmati keindahan serta alam pulaunya. Ia mengungkapkan harus ada sistem pariwisata yang terukur di dalam sana supaya warga dalam Bali masih dapat ‘bernapas’.

“Baru rakyatnya nanti kan kasian tidak ada menikmati yang dimaksud datang turis, turis asing, saya bilang, mbok dialokasi kuota. Jadi napas pulaunya itu ada tiada tertekan gitu. Ini adalah semua pikirannya adalah tourism saya bilang, saya bukannya anti turisme loh tapi terukur, akibat tourism itu juga bagi keberadaan rakyat kita, tidak terbalik,” tutur Mega.