Bisnis  

Sejarah Istimewa BRI yang dimaksud Telah Melayani Negeri Selama 128 Tahun

Sejarah Istimewa BRI yang mana dimaksud Telah Melayani Negeri Selama 128 Tahun

Infocakrawala.com – Berikut adalah sejarah BRI yang sudah pernah melayani negeri selama tambahan dari 120 tahun. BRI miliki beragam layanan untuk nasabahnya.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang tersebut terbesar pada Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di dalam Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja tanggal 16 Desember 1895.

Berpengalaman tambahan dari 120 tahun, BRI senantiasa memberikan kemudahan kemudian kecepatan di merespon berbagai keperluan nasabah. 

Dengan didukung oleh layanan perbankan yang digunakan prima, jutaan kegiatan pelanggan dikelola selama 24 jam sehari 7 hari seminggu melalui prasarana layanan yang tersebar secara luas di area seantero negeri.

Seiring dengan bertambah kembangnya negeri ini, BRI secara dinamis terus berinovasi untuk memenuhi segala bentuk permintaan layanan perbankan sekaligus masih konsisten dengan tekad kami menjadi mitra utama bagi warga Indonesia di mengembangkan perekonomiannya.

Produk juga Jasa BRI

  • Tabungan: Bank Rakyat Indonesia menawarkan berbagai jenis tabungan seperti Tabungan BRI, Tabungan Simpedes, Tabungan Britama, serta Tabungan Britama X. Setiap jenis tabungan ini memiliki persyaratan, bunga, dan juga kegunaan yang dimaksud berbeda.
  • Deposito: Bank Rakyat Indonesia juga menawarkan layanan Deposito dengan berbagai pilihan jangka waktu kemudian suku bunga yang dimaksud kompetitif.
  • Kredit: BRI menyediakan berbagai jenis kredit seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan jenis Super Mikro, Mikro serta Kecil, Kredit Modal Kerja, Kredit Tanpa Agunan, lalu Kredit Pemilikan Rumah (KPR). BRI juga menyediakan kredit dengan persyaratan yang tambahan mudah juga bunga yang tersebut terjangkau bagi pelanggan yang dimaksud ingin memulai usaha kecil serta menengah.
  • Investasi: BRI menyediakan produk-produk penanaman modal seperti Reksadana, Obligasi, kemudian Pendanaan Penyertaan Modal Syariah bagi klien yang mana ingin berinvestasi.
  • Layanan perbankan digital: Bank Rakyat Indonesia juga menyediakan layanan perbankan digital seperti BRI Mobile, BRI Jaringan Internet Banking, dan SMS Banking BRI yang memungkinkan klien untuk melakukan kegiatan perbankan secara online.
  • Layanan kartu: BRI menyediakan berbagai jenis kartu seperti Kartu Kredit BRI, Kartu Debit BRI, kemudian Kartu Kredit Syariah BRI.
  • Layanan internasional: BRI menyediakan layanan perbankan internasional seperti Layanan Remittance, Layanan Valas, kemudian Layanan Trade Finance bagi pengguna yang dimaksud ingin melakukan kegiatan dengan luar negeri.

Sejarah BRI dari tahun ke tahun

1895

Didirikan dalam Purwokerto oleh Raden Aria Wiriatmaja dengan nama De Poerwokertosche Hulpen Spaarbank der Indlandsche Hoofden, yang digunakan pada awalnya adalah lembaga yang mengatur dana kas masjid untuk disalurkan terhadap penduduk dengan skema yang digunakan sangat sederhana. Pada 

16 Desember 1895 secara resmi dibentuk Hulpen Spaarbank der Indlandsche Bestuurs Ambtenareen yang digunakan kemudian dikenal sebagai “Bank Perkreditan Rakyat” yang tersebut pertama di dalam Indonesia. 

Kemudian mengalami beberapa kali pembaharuan nama, seperti pada tahun 1897 berganti nama menjadi De Poerwokertosche Hulpen Spaar-en Landbouw Credietbank (Volksbank) atau dikenal dengan “Bank Rakyat”, pada tahun 1912 menjadi Centrale Kas Voor Volkscredietwezen Algemen.

Kemudian pada 1934 menjadi Algemene Volkscredietbak (AVB). Pada masa pendudukan Negeri Sakura pada tahun 1942, AVB berubah menjadi Syomin Ginko

1946

Tanggal 22 Februari 1946, otoritas Indonesia mengubah lembaga ini menjadi Bank Rakjat Indonesia (BRI) berdasarkan Peraturan eksekutif No.1 tahun 1946 dan juga BRI menjadi bank pertama yang dimaksud dimiliki eksekutif Republik Indonesia. 

1992

BRI berubah status hukum menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) berdasarkan Undang-Undang Lembaga Keuangan No.7 tahun 1992

2003

BRI menjadi Perseroan Terbuka pada tanggal 10 November 2003 dengan mencatatkan sahamnya di dalam Bursa Efek Jakarta, saat ini Bursa Efek Indonesia, dengan kode saham BBRI.

2007

Sebuah langkah strategis dengan mengakuisisi Bank Jasa Artha (BJA) pada tahun 2007, yang digunakan kemudian dikonversi menjadi PT. Bank Syariah BRI. Unit Usaha Syariah BRI kemudian dipisahkan (spin off) dari BRI lalu digabungkan ke di PT. Bank Syariah BRI pada 1 Januari 2009.

2011

Terdapat 3 tanggal penting bagi BRI di area tahun 2011, yakni: 11 Januari 2011, BRI melaksanakan stock split yaitu pemecahan nominal saham yang tersebut semula Rp500 per saham menjadi Rp250 per saham. 

Kemudian pada tanggal 3 Maret 2011, BRI kembali melakukan corporate action dengan melakukan pendatanganan Akta Akuisisi dengan Dana Pensiun Perkebunan (Daperbun) untuk mengakuisisi juga menjadi pemagam saham pengendali bagi PT Bank Agroniaga Tbk. 

Setelah itu tanggal 16 Desember 2016, BRI juga melakukan corporate action penandatanganan Instrument of Transfer lalu Bought and Sold Notes antara BRI dengan Asuransi Jiwa BRIngin Jiwa Sejahtera berhadapan dengan saham BRIngin Remittance Co.Ltd (Hong Kong).

2013

Di tahun ini, BRI menjadi yang mana pertama menyediakan layanan self-service banking di tempat Indonesia melalui BRI Hybrid Banking

2014

Untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap nasabah, BRI terus meningkatkan pertumbuhan jumlah total ATM hingga mencapai 20.792 unit ATM juga mesin EDC yang mana menembus nomor 131.204 unit. 

2015

Dalam rangka memperluas serta menguatkan jaringan industri perbankan pada Asia, BRI kembali menambah jumlah agregat jaringan kerja konvensional melalui membuka kantor dalam jantung kota Singapura yang dimaksud berlokasi pada OUE Bayfront, 50 Collyer Quay, Singapura.

2016

BRI akan mengukir sejarah besar pada tahun 2016, tepatnya tanggal 9 Juni 2016 BRI meluncurkan satelit bernama BRIsat yang menjadikan BRI sebagai bank pertama kemudian satu-satunya di area dunia yang digunakan memiliki kemudian mengoperasikan satelitnya sendiri.

Itulah sejarah BRI yang telah dilakukan lebih tinggi dari 120 tahun melayani negeri.

Kontributor : Damai Lestari 

(Sumber: Suara.com)