Bisnis  

Stok Banyak, Mendag Yakin Harga Bahan Pokok Tak Naik Jelang Lebaran 2024

Stok Banyak, Mendag Yakin Harga Bahan Pokok Tak Naik Jelang Lebaran 2024

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasanmeyakiniharga komponen pokok tidak ada akan mengalami kenaikan menjauhi Lebaran 2024. Menurut Mendag, stabilitas harga jual didukung ketersediaan stok materi pokok.

Hal itu diungkapkan Mendag Zulhas pasca hadir di rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 sama-sama TNI-Polri, Kemenko PMK, hingga Kemenag. “InsyaAllah selama ramadan sampai Lebaran tarif tiada naik,” ujarnya, Hari Senin (25/3/2024).

Mendag mengungkapkan stok materi pokok mencukupi. Dia menggambarkan beras yang dimaksud jumlahnya memadai, terlebih pada waktu ini hampir panen raya. Demikian pula komoditas lainnya seperti cabai lalu bawang menurutnya pasokan terjaga didukung musim yang mana bagus. Mendag Zulhas pun mengimbau warga tak membeli material pokok secara berlebihan sebab stoknya mencukupi.

Namun Mendag mengaku kemungkinan akan terjadinya kenaikan nilai tukar masih terbuka apabila proses distribusi terhambat akibat memasuki masa arus mudik lalu balik. “Maka kami sudah ada minta pemerintah area untuk menggunakan bantuan cadangan bukan terduga untuk subsidi transportasinya,” katanya.

Pada kesempatan yang tersebut sama, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menyatakan stok cadangan pangan telah terjadi mencapai 1,2 jt ton. “Saya menyampaikan bahwa cadangan pangan pemerintah sangat cukup, hari ini ada 1,2 jt ton. Kemudian tadi Mendag telah komunikasikan ada kerja identik antardaerah,” ucapnya.

Arief juga meyakini proses distribusi komponen pokok tak akan terkendala berkat adanya aturan Polri yang digunakan telah lama mengecualikan pembatasan angkutan bagi material pokok.